Saturday 25 June 2016

Teknik Blogging untuk Menjadi Seorang Blogger Handal

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Teknik Blogging untuk Menjadi Seorang Blogger Handal, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Ngeblog. Artikel Teknik Blogging.

Teknik Blogging untuk Menjadi Seorang Blogger Handal

Advertisement
Cara menjadi blogger yang handal - Ketika anda membuka halaman ini berarti anda salah satu seorang blogger yang ingin menjadi blogger handal. Sebelumnya saya sudah membagikan artikel mengenai panduan cepat belajar ngeblog untuk pemula, bagi sobat yang belum membacanya silahkan baca artikel tersebut untuk mengetahui dasar-dasar blog.

Sebenarnya saya juga bukanlah seorang yang handal ataupun master dalam hal ngeblog, jangankan untuk menulis, untuk berkata-kata saja saya masih susah, saya hanya bisa membagikan apa-apa saja yang pernah saya pelajari dan ketahui dengan gaya bahasa dan gaya penulisan saya sendiri. Dan pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada sobat blogger khususnya untuk blogger pemula, yakni mengenai cara untuk menjadi seorang blogger yang handal. Untuk anda yang ingin menjadi salah satu dari mereka, silahkan ikuti ikuti dan terapkan beberapa teknik blogging di bawah ini.

Teknik Blogging untuk Menjadi Seorang Blogger Handal

Cara Menjadi Seorang Blogger Handal

Untuk menjadi seorang blogger yang handal, anda harus yakin dan percaya diri akan kemampuan anda dalam menekuni dunia blogging. Kok gitu mas? ya, karena tanpa adanya hal itu kedepannya anda akan kesulitan untuk menjadi seorang blogger yang sukses. Namun disamping itu, ada pula beberapa hal yang harus anda perhatikan dan juga harus anda lakukan untuk menjadi blogger yang handal yaitu :

Mengetahui Pengetahuan Dasar Blog
Untuk menjadi seorang blogger yang handal, anda juga di haruskan memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar blog. Mengapa demikian? Seorang blogger yang handal harus mampu mengelola blog mereka, baik mengenai alur hingga mengelola blog mereka dengan profesional.

Ketepatan dalam Menentukan Topik Blog
Ini hampir sama dengan nomor 2 di atas, namun kali ini mengenai ketepatan anda dalam menentukan topik blog anda. Saran saya, dalam menentukan topik blog, usahakan topiknya selaras dengan keahlian anda. Semisal anda memiliki keahlian dalam bidang memasak, maka silahkan buat niche blog anda dengan topik yang berbau dengan masak-memasak. Jangan sampai anda salah menentukan topik yang dimana topik yang anda pilih tersebut tidak sesuai dengan keahlian anda, semisal dengan topik bengkel mobil. Jangan sampai itu terjadi! Mengapa demikian? Satu alasan kuat bagi saya, Agar nantinya anda tidak kebingungan ketika anda menerima pertanyaan/ komentar dari para pembaca/ pengunjung blog anda.

Memiliki Kemampuan untuk Menulis
Ya, apabila anda ingin menjadi blogger yang profesional, anda diharuskan untuk memiliki kemampuan menulis. Caranya, buat artikel anda dengan tata bahasa yang baik, tujuan yang jelas dan juga mudah di pahami oleh para pembaca ataupun pengunjung blog anda.
Waduh, saya tidak bisa menulis mas, untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikiran saya saja susah, terus bagaimana cara untuk belajar menulis?

Buatlah target yang maksimaal dalam menulis artikel, jangan buat target menulis artikel dengan sedikit kata. Mengapa harus target tinggi? Sebab jika Anda memiliki target yang tinggi maka Anda akan terpacu untuk maksimal, dan seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya ilmu yang anda dapatkan, Anda akan terbiasa dalam menulis artikel yang baik dan mudah di pahami.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik
Dengan kemampuan anda dalam berkomunikasi yang baik serta ramah, hal itu akan memberikan nilai positif bagi para pengunjung dan komentator pada blog anda. Karena pada dasarnya, kemampuan dalam berkomunikasi dengan baik akan menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai bagi para komentator blog. Coba saja anda bayangkan, apabila anda sedang mengunjungi sebuah blog, kemudian anda berkomentar ataupun bertanya dengan baik-bsik di sana, namun respon dari sang pemilik blog tidak mengenakkan, mungkin lain waktu anda akan merasa enggan untuk mengunjungi kembali blog mereka.

Luangkan waktu untuk membuat artikel yang berkualitas
Bila anda ingin menjadi blogger yang handal, jangan sampai waktu anda terbuang sia-sia untuk hal-hal yang sekiranya tidak penting. Bagi seorang blogger, waktu adalah uang, waktu adalah segalanya. Maka, sebisa mungkin luangkanlah waktu anda untuk mengisi blog anda dengan karya dan ide-ide anda.

Memiliki Keahlian Khusus
Ya, untuk menjadi seorang blogger yang handal, anda memang di haruskan memiliki keahlian khusus yang bisa anda bagikan kepada para pengguna internet, maksudnya khusus gimana mas? tentu saja anda harus punya keahlian dalam suatu bidang, anda tidak perlu pusing-pusing memborong dan menguasai berbagai macam bidang. Yang perlu anda lakukan adalah fokuslah dalam satu bidang saja, baik itu hoby, memasak ataupun hal lainnya yang bisa anda bagikan dalam blog anda.

Carilah Ilmu dan Pengalaman Sebanyak-banyaknya
Sebagai seorang blogger, anda di haruskan untuk terus mencari ilmu dan pengalaman seputar dunia blogging dengan sungguh-sungguh. Mengapa demikian? Ketika anda terjun menjadi seorang blogger, anda tidaklah sendirian. Ada banyak bahkan jutaan blogger lainnya yang siap menyaingi kepopuleran blog anda. Maka dari itu, agar anda tidak minder dan percaya diri, silahkan cari ilmu sebanyak-banyaknya dan bekali diri anda dengan ilmu dan pengalaman yang anda dapatkan.

Kreatif serta Inovatif
Pada dasarnya, seorang blogger memang di haruskan kreatif dan terus berkaya dengan ide-ide serta penemuan-penemuan baru mereka. Dimana ide dan penemuan apabila di jadikan satu akan menjadi hal yang luar biasa. Dengan begitu, nama anda juga akan ikut cepat terkenal dan di anggap profesional di mata orang lain.

Memiliki Prinsip dan Konsisten
Mengapa hal ini juga berpengaruh? Alasannya, Banyak blogger yang terombang-ambing dalam menekuni dunia blogging. Beberapa waktu lalu sempat melakukan blogwalking dengan mengunjungi-blog milik orang lain. Dan disitu banyak yang saya temukan dimana blog mereka tidak pernah di urus bahkan di tinggalakan begitu saja tanpa ada update artikel terbaru mereka. Ada beberapa hal yang sering saya dengar mengapa mereka meninggalkan blog-blog milik mereka yang di antaranya :
  1. Sudah merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan.
  2. Tidak memiliki waktu lagi untuk ngeblog.
  3. Karena mereka membuat blog baru dengan topik berbeda.
  4. Menyerah
Itulah 4 alasan yang sering saya dengarkan dari mereka-mereka yang meninggalkan blog milik mereka. Maka dari itu, kepemilikan niat, prinsip dan juga konsisten juga sangat berpengaruh penting dalam mensukseskan anda untuk menjadi seorang blogger profesional.
    Kemampuan Mendesain Blog
    Kemampuan dalam mengelola desain blog juga berperan penting untuk menunjang cita-cita anda menjadi blogger yang handal. Karena, secara tidak langsung, dengan adanya tampilan blog yang menarik akan menimbulkan kesan positif dari para pembaca/ pengunjung blog anda. Namun, Anda tidak perlu pusing-pusing mendesain blog anda dengan berbagai macam hiasan baik itu widget dsb, cukup buat tampilan blog anda ramah dan nyaman di pandang untuk para pembaca.

    Mengoptimalkan Keberadaan Blog dengan Sosial Media
    Seiring berkembangnya teknologi, secara tidak langsung sosial media juga ikut berperan penting dalam mensukseskan seseorang dalam dunia blogging. Pasalnya, saat ini tak sedikit orang yang mencari informasi melalui situs sosial media seperti halnya facebook dll. Saran saya, Belajarlah untuk mengoptimalkan blog anda dengan cara mengkombinasikan blog anda dengan situs media sosial.

    Kemampuan dalam membangun Jaringan
    Menjalin jaringan dengan sesama blogger juga termasuk salah satu faktor penting yang dapat mensukseskan anda dalam urusan blogging. Bukan hanya dalam lingkup blogger saja kalau bisa, menjalin jaringan di luar lingkup tersebut juga akan lebih bagus lagi. Mengapa demikian? Karena dengan kemampuan anda dalam membangun jaringan. Maka anda dapat menunjukkan keberadaan anda. maka dengan begitu, anda akan dapat dengan mudah dan cepat untuk terkenal.

    Tentukan Terget untuk Blog Anda
    Apabila anda sudah mendapatkan ilmu dan cukup memiliki bekal, sudah saatnya anda untuk merealisasikannya. Caranya bagaimana mas? Ya tentu saja di mulai dengan ngeblog, dan agar anda bisa lebih percaya diri, silahkan membuat target untuk blog anda sesuai dengan kemampuan dan tujuan anda. Targetkan semaksimal mungkin, tulislsh artikel sepanjang mungkin sesuai dengan gaya bahasa anda. Maka dengan demikian, secara tidak langsung target tersebut dapat memacu diri anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal yang mana nantinya juga sangat berpengaruh terhadap cita-cita anda untuk menjadi seorang blogger yang handal.

    Tetapkan Rencana Setelah Anda Meraih Pencapain
    Disinilah banyak para blogger berhenti dan meninggalkan aktifitas blogging mereka, dengan alasan mereka sudah mencapai target mereka. Saran saya, meskipun anda telah sukses dalam dunia blogging, alangkah ada baiknya apabila anda menetapkan apa rencana kedepan setelah anda meraih pencapaian. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah anda capai saat ini. Pupuklah terus apa yang anda capai saat ini meski target telah tercapai, agar anda tidak terpuruk dengan kehadiran-kehadiran blogger yang lainnya.

    Untuk menjadi seorang blogger handal dan profesional, Anda diharuskan untuk menguasai dan mulai menerapkan cara-cara di atas secara perlahan. Stay calm kawan, gunakan waktu yang ada untuk terus belajar dan berinovasi. Tidak perlu anda terburu-buru untuk mencapai kesuksesan, karena semua butuh proses.

    Demikian artikel kali ini mengenai cara menjadi blogger yang handal dan profesional. Apabila anda memiliki masukan, saran dan tambahan, Anda dapat meninggalkannya pada kotak komentar. Akhir kata dari saya, semoga artikel yang sederhana di atas dapat memotivasi kita selaku seorang blogger untuk tetap berkarya. Terimakasih anda telah membaca artikel di atas. Happy Blogging! Sukses selalu untuk kita semua :)


    EmoticonEmoticon