Friday 10 June 2016

Pengertian Template Responsive dan Manfaatnya

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Pengertian Template Responsive dan Manfaatnya, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Artikel. Artikel Tutorial Blog.

Pengertian Template Responsive dan Manfaatnya

Advertisement
Pengertian template responsive dan manfaatnya - Halo kawan, kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu template responsive dan apa manfaatnya bagi sebuah blog. Sebelumnya saya sudah membagikan artikel singkat mengenai panduan dan dasar-dasar ngeblog untuk para blogger pemula. Bagi sobat yang ingin membacanya silahkan cari artikel saya tersebut dalam kotak pencarian dengan kata kunci panduan ngeblog.

Oke langsung saja kita kembali pada judul di atas, seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang kini semakin pesat bukan hanya dalam dunia Komputer ataupun gadget. Namun secara tidak langsung semua itu juga yang secara tidak langsung semua itu juga berpengaruh dalam dunia blogging. Dengan segala kemudahan yang ada saat ini dimana segala sesuatu dapat dengan mudah untuk di akses dan di temukan melalui media internet, maka anda selaku seorang blogger juga harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Dan pada ksempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai template responsive dan apa manfaatnya dalam dunia blogging.

Pengertian Template Responsive dan Manfaatnya

Pengertian Template Responsive

Apa itu template responsive? Template responsive merupakan template blog yang lebar dan tampilanya dapat menyesuaikan diri dengan perangkat apa blog tersebut di buka, baik di buka melalu PC, tablet maupun smartphone. Sistem kerjanya seperti ini, apabila sebuah website/ blog di buka melalui smartphone, maka secara otomatis lebarnya akan menyesuaikan dengan lebar smartphone yang di gunakan tanpa adanya halaman ataupun tulisan yang terpotong. Bukan hanya lebar template saja yang dapat menyesuaikan lebarnya, namun ukuran font dan gambarnya pun juga dapat menyesuaikan dengan lebarnya tanpa harus terpotong ataupun zooming.
Lantas dimana saya bisa mendapatka template responsive itu?
Anda tidak perlu bingung dalam mencari template responsive, karena ada banyak blog-blog ataupun website yang membagikan template responsive tersebut. Saran saya, ketika anda hendak mencari tempate, pilihlah template responsive yang sederhana namun menarik, loading ringan dan tentunya template yang sesuai dengan topik blog sobat. Adapun cara untuk mengetahui seberapa responsive template tersebut. yaitu dengan mengunjungi situs berikut dan silahkan masukkan alamat blog anda ke dalam kolom yang tersedia, setelah itu silahkan lihat hasilnya.

1. https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
2. http://ami.responsivedesign.is/
3. http://troy.labs.daum.net/
4. http://mobiletest.me/

Kurang lebihnya seperti itulah pengertian template responsive. Selanjutnya saya akan membahas apa manfaatnya bagi sebuah blog.

Manfaat Template Responsive untuk Blog

Bila anda seorang blogger, maka sangat perlu yang dinamakan mendesain blog agar tampilan blog/ website anda nyaman untuk di pandang oleh pembaca dan tidak membosankan. Namun ingat, mendesai blog bukan berarti anda harus memperbanyak widget-widget yang sekiranya tidak di perlukan yang nantinya justru memperlambat loading blog anda. Salah satu cara mendesain blog yaitu dengan cara mengganti template blog anda yang belum responsive menggunakan template yang responsive. Adapun keuntungan yang akan anda dapatkan dalam menggunakan emplate responsive, di bawah ini beberapa di antaranya :

1. Membuat tampilan blog kita sempurna bila di buka melalui perangkat apapun.
Seperti yang tela saya sebutkan di atas, secara otomatis lebarnya akan menyesuaikan dengan lebar smartphone yang di gunakan tanpa adanya halaman ataupun tulisan yang terpotong. Bukan hanya lebar template saja yang dapat menyesuaikan lebarnya, namun ukuran font dan gambarnya pun juga dapat menyesuaikan dengan lebarnya tanpa harus terpotong ataupun zooming.

2. Membuat pengenjung nyaman dan betah berada di blog anda.
Kok bisa mas? ya iyalah, sekarang coba bayangkan, apabila anda sedang mencari sesuatu di internet melalui smartphone anda, namun pada blog dimana anda menemukan artikel tersebut tidak menggunakan template responsive, maka secara tidak langsung anda juga akan merasa tidak nyaman di blog tersebut, karena untuk membaca artikel yang ada pada blog tersebut anda harus melakukan zooming serta geser kanan geser kiri halaman.

3. Dapat menunjang kepopuleran blog anda dalam mesin pencari.
Seiring berkembangnya jaman, mesin pencari milik google dan mesin pencari lain pun juga ikut berkembang, dimana robot mesin pencari mereka telah mendukung serta mengutamakan blog yang terdapat tampilan versi mobilenya/ responsive.

4. Dapat menghemat paket data ketika blog di buka melalui versi mobile
Alasannya, ketika blog anda di akses melalu smartphone, loading blog anda akan menjadi cepat/ ringan tanpa harus memakan banyak kuota paket data. Seperti yang telah saya ungkapkan tadi. Karena ukuran gambar dll secara otomatis dapat menyesuaikan diri dengan peragkat apa blog tersebut di buka. Namun cepat atau lambatya loading blog bukan hanya berpondasi pada template responsive. karena dengan anda memasang banyak widget di blog, hal tersebut juga dapat memperlambat loading blog anda. Pesan saya, gunakan dan pasanglah widget yang penting-penting saja seperti : popular post, artikel terbaru dan label.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian template responsive dan manfaatnya bagi sebuah blog. Apabila sobat anda yang ingin menambahkan ataupun memberikan kritik dan saran silahkan tinggalkan dalam kotak komentar. Akhir kata dari saya, semoga tulisan yang sederhana di atas bermanfaat bagi kita semua. Selamat berkarya, Happy Blogging :)


EmoticonEmoticon