Friday 10 June 2016

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Ngeblog. Artikel Teknik Blogging.

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula

Advertisement
Kesalahan blogger pemula - Noh ya, judulnya. hehehe.... Okelah, setelah sebelumnya saya telah membagikan teknik blogging untuk menjadi seorang blogger yang handal, tentu saja adapun kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula. Bagi anda yang merasa masih pemula anda juga dapat membaca artikel saya mengenai panduan belajar dasar-dasar ngeblog. Oke langsung saja, kita sebagai makhluk Tuhan yang tidak sempurna, kita pasti pernah melakukan kesalahan, baik itu dalam dunia nyata ataupun dalam dunia blogging, sekedar berbagi pengalaman saja kawan. Dulu pada waktu awal pertama saya masuk ke dunia blogging, cukup banyak kesalahan saya dalam hal ngeblog, pada waktu itu saya masih labil, belum benar-benar tahu dasar-dasar mengenai blogging.

Namun saya tidak menyerah sampai di situ, saya terus belajar dan terus belajar, dan seiring berjalannya waktu, sebisa mungkin saya meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dulu telah saya lakukan. Sedikit demi sedikit saya meninggalkan kebiasaan buruk saya dalam dunia blogging. Dari situlah saya memutuskan untuk membagikan artikel ini, dengan harapan artikel berikut dapat mengarahkan anda menjadi salah satu blogger yang handal dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para blogger khususnya pemula. Apa saja? silahkan simak beberapa kesalahan tersebut di bawah ini.

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger Pemula

Kesalahan yang Dilakukan oleh Blogger Pemula

1. Tidak Konsisten Menekuni Dunia Blogging
Ini hal yang paling sering saya dapati, saya sering melakukan blogwalking/ mengunjungi blog milik teman-teman blogger. Tak jarang saya menemukan blog mati dan tak berpenghuni. Mengapa saya katakan demikian? Pasalnya, dalam blog tersebut hanya ada beberapa artikel saja, tidak ada update artikel terbaru. Mereka hanya rajin update artikel disaat awal pertama mereka terjun ke dunia blog. Namun setelah itu pemiliknya bagaikan di telan bumi. Saran saya, apabila anda ingin menjadi blogger yang handal. Rajin-rajinlah membuat artikel, tanpa melupakan konsistensi anda dalam menekuni dunia blogging.

2. Terlalu Terburu Nafsu
Sering saya menjumpai blog dimana sang pemilik blog terlalu terburu nafsu, baik nafsu ingin memperbanyak artikel, Terlalu terobsesi ingin menjadi blogger handal dan Terlalu terburu-buru ingin mendapatkan uang dari aktifitas blogging mereka. Di bawah ini saya akan mencoba menjelaskan satu persatu.

A. Nafsu ingin Memiliki Banyak Artikel
Banyak para blogger yang terlalu bernafsu dalam hal ini, mereka beranggapan dengan adanya banyak artikel dalam blog mereka, nantinya blog milik mereka akan di anggap blognya seorang master blog. Okelah, disini saya akan sedikit menjelaskan, memiliki banyak artikel memanglah sangat penting untuk menunjang kepopuleran blog anda. Namun jangan sampai semua itu menjadi bomerang bagi diri dan blog anda sendiri. Pasalnya, banyak dari mereka-mereka yang terlalu terburu-buru memburu banyak artikel mereka namun isi artikelnya merupakan hasil karya orang lain, atau sering di sebut copy paste artikel. Jangan sampai itu terjadi pada anda!

Saran saya, boleh anda memburu banyak artikel dalam blog anda. Namun isilah blog anda tersebut dengan hasil karya anda sendiri, tulisan yang original bukan hasil dari mencuri artikel/ karya milik orang lain. Mengapa saya megatakan demikian, ada banyak alasannya, salah satunya adalah untuk menunjang kualitas blog anda dimana nantinya juga akan berpengaruh besar terhadap banyaknya pengunjung/ peminat blog anda.

B. Terlalu Terobsesi Ingin Menjadi Blogger yang Handal
Perlu anda ketahui, untuk menjadi blogger yang handal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semudah itu! Untuk menjadi seorang blogger yang handal tetap di perlukan adanya proses belajar. Ya, karena dunia blogging bukan hanya serta merta ajang untuk membagikan tulisan. Percayalah, dengan adanya proses belajar dan usaha, hasilnya pun juga akan jauh lebih memuaskan. Perbanyak ilmu dan pengetahuan anda dalam menekuni dunia blogging, dan bekali diri anda dengan semua itu untuk menjadi seorang blogger yang istimewa.

C. Terlalu Terburu-buru ingin Cepat Menghasilkan Uang
Uang bukanlah segalanya kawan, kita boleh saja memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari aktifitas blogging kita. Namun semua itu butuh waktu, sama seperti halnya ketika anda akan membuat sesuatu yang nantinya akan anda jual, dimana anda di haruskan melewati masa proses pembuatan.
Terus, dalam dunia blogging prosesnya seperti apa mas? kan kita sudah membuat blog!
Jawabannya : Silahkan kaji ulang poin nomor 2A dan 2B. Singkat saja akan saya kaji ulang, tidak ada gunanya anda membuat blog namun apabila dalam blog anda tidak ada pengunjung ataupun peminatnya. Maka dari itu, untuk menghasilkan uang dari aktifitas blogging anda, terlebih dahulu anda harus membuat sesuatu yang berbeda namun bermanfaat untuk para pembaca setia blog anda, buat orang lain memiliki rasa ketertarikan/ alasan untuk mengunjungi blog anda di lain waktu. Jalin hubungan dan interaksi dengan sesama blogger lainnya. Inilah yang dinamakan dengan membangun jaringan. Setelah anda memiliki banyak pengunjung dan jaringan, disinilah anda dapat mulai fokus untuk menggunakan blog anda menjadi sesuatu yang menghasilkan.

3. Terlalu Sibuk Mendesain Tampilan Blog
Ini juga merupakan salah satu kesalahan yang sering di lakukan oleh para blogger pemula. Mereka terlalu sibuk mengurusi tampilan blog mereka. Seperti halnya sering bergonta-ganti template, memasang banyak widget dan lain sebaginya. Saran saya, tampilan blog memanglah sangat di perlukan. Namun bukan berarti anda harus di sibukkan dengan hal yang satu ini. Tidak perlu anda pusing-pusing dengan tampilan blog, cukup gunakan tampilan yang sederhana namun nyaman di pandang. Dari pada anda pusing dan menghabiskan waktu anda hanya untuk mengurus tampilan, ada baiknya waktu yang ada anda gunakan untuk membuat konten yang berkualitas, karena isi konten dalam blog anda jauh lebih penting untuk menunjang kepopuleran blog anda.

4. Terlalu Banyak Teori dan Informasi
Ketika anda pertama kali masuk dalam dunia blogging, pastinya anda akan berkunjung kesana kemari guna mendapatkan informasi yang anda cari. Pada artikel sebelumnya saya sudah sempat menyingnggung. Memperbanyak informasi memanglah sangat di perlukan, namun jangan sampai informasi-informasi tersebut malah akan membuat anda menjadi bingung dan terombang ambing. Karena akan ada banyak informasi-informasi yang anda cari dapat anda temukan di internet. Maka fokuslah dalam mencari informasi yang sedang anda butuhkan.

Saran saya, untuk belajar menekuni dunia blogging. silahkan gunakan satu atau maksimal dua tempat untuk belajar ngeblog. Seperti halnya blog siabdi ini yang memang saya gunakan untuk media sharing seputar dunia blogging yang juga dapat anda gunakan untuk belajar menekuni dunia blog.

5. Membuat Banyak Blog
Terlalu banyak membuat blog juga sering dilakukan oleh para blogger pemula. Menurut saya, meskipun anda telah lama berkecimpung dalam dunia blog dan memiliki banyak pengalaman. Anda tidak di haruskan untuk memiliki banyak blog. Mengapa saya katakan demikian? Karena semua itu akan memperngaruhi nilai konsistensi anda dalam menekuni suatu blog. Cukuplah mereka yang sudah benar-benar berhasil dan sangat berpengalaman dalam dunia blogging untuk memiliki banyak blog. Maka, tinggalkan terlebih dahulu keinginan anda untuk memiliki banyak blog.

6. Terlalu Banyak Topik Blog
Inilah yang sering di sebut dengan blog gado-gado. Dalam menekuni blog, anda sangat saya sarankan untuk fokus kedalam satu topik saja. Mengapa demikian? Karena ketika anda membuat blog dengan banyak topik, nantinya anda malah akan di bingungkan dalam mengisi topik dalam blog tersebut. Sebenarnya tidak masalah anda membahas banyak topik, namun perlu anda ketahui, dengan membahas banyak topik dalam blog akan berdampak pada nilai blog anda yang dimana nantinya nilai keunikan blog anda akan berkurang. Saran saya, apabila anda ingin mebuat beberapa topik, buatlah topik yang tidak menyimpang jauh dari topik utama blog anda.

Contoh kasus : Apabila topik utama dalam blog anda membahas seputar kuliner, maka anda dapat menambah topik baru seperti resep ataupun panduan masak-memasak. Intinya jangan bertentangan denga topik utama seperti halanya topik kuliner di atas namun anda menambahkan topik baru yaitu spesifikasi hp. Jangan smapi itu terjadi.

7. Mengacuhkan Mesin Pencari
Ada 2 yang bisa saya simpulkan dari poin berikut, Yaitu :

A. Tidak memanfaatkan mesin pencarian seperti halnya google untuk mencari, menambah informasi ataupun pengetahuan anda. Ingat, dalam dunia blogging anda tidaklah sendirian, akan ada banyak blog-blog yang membahas ataupun menentukan topik yang sama dengan topik anda. Maka dari itu, gunakanlah mesin pencari untuk menambah pengetahuan anda. Di satu sisi, dengan menggunakan mesin pencari, anda dapat mengkolaborasikan hasil karya anda dengan hasil karya orang lain dimana dari situlah akan muncul sebuah ide-ide kreatif yang bisa anda manfaatkan.

B. Tidak mendaftarkan blog anda pada mesin pencari seperti google, bing dan juga yandex. Tanpa anda sadari, keberadaan mesin pencari juga sangatlah penting untuk membantu anda dalam menjadi blogger yang profesional. Mengapa dengan demikian? Coba sekarang anda buka web browser anda kemudian coba anda mencari sesuatu dengan menggunakan kata kunci tertentu. Maka anda akan di hadapakan pada ratusan ribu artikel yang bisa anda temukan.

Cara ini merupakan cara dimana agar apa yang anda tulis dapat di baca/ di ketahui oleh mesin pencari. Maka dengan mendaftarkan blog anda ke mesin pencari, secara tidak langsung anda telah memerintahkan pada robot pencarian untuk merayapi atau menelusuri apa saja yang ada dalam blog anda dan kemudian di sajikan kepada orang yang membutuhkan artikel anda. Percuma saja anda memiliki ratusan bahkan ribuan artikel namun keberadaan artikel tersebut tidak di ketahui oleh siapapun.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula. Semoga artikel yang sederhana di atas mudah anda pahami serta dapat menginspirasi anda untuk terus berjuang menjadi blogger yang handal dan profesional. Akhir kata dari saya, terimakasih anda telah membaca artikel di atas, apabila teman-teman semua memiliki tambahan, masukan ataupun kritik dan saran, silahkan teman-teman tinggalkan pada kotak komentar. Selamat berkarya, salam sukses untuk kita semua :)


EmoticonEmoticon