Sunday 19 June 2016

Pengertian Link Internal dan Link Eksternal dalam Blog

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Pengertian Link Internal dan Link Eksternal dalam Blog, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Artikel. Artikel Teknik Blogging.

Pengertian Link Internal dan Link Eksternal dalam Blog

Advertisement
Pengertian internal link dan eksternal link - Mengapa saya repot-repot menulis artikel dengan judul di atas, saya hanya ingin berbagi pengalaman. Dulu ketika saya masih belum mengerti dunia internet apalagi ngeblog, saya sempat googling dengan kata kunci sebut saja kata kunci ada deh, nah pada halaman yang saya kunjungi tersebut saya di sarankan untuk mengetuk/ mengeklik salah satu kata yang saat itu kalimat yang saya temui dengan sebutan link internal dan eksternal.

Jujur waktu itu saya di bingungkan dengan kata tersebut, internet aja baru ngerti apalagi bahasa Link internal dan eksternal, tambah bingung lagi nih. wkwkwk.... sambil mikir, buru-buru ngeklik, mana yg internal link dan mana yang eksternal link saja saya kaga tau. hihi :D Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Internal Link dan Eksternal Link. Yaaa.. sapa tau saja di antara teman-teman yang membaca tulisan ini juga masih ada yang belum mengerti mengenai Link tersebut. Yuk simak...

Pengertian Link Internal dan Link Eksternal dalam Blog

Link atau Hyperlink secara bahasa indonesia dapat diartikan sebagai tautan. Di dalam ilmu internet link merupakan sebuah obyek seperti halnya teks dan gambar dimana apabila kita mengetuk/ mengeklik obyek tersebut secara otomatis kita akan di alihkan pada halaman tertentu sebab di dalam obyek tersebut mengandung alamat URL. Secara umum link di bedakan menjadi dua yaitu internal link dan eksternal link, berikut penjelasannya.

Pengertian Link Internal dan Link Eksternal

1. Link internal atau internal link merupakan link yang di tempatkan pada sebuah obyek baik itu kata maupun gambar sebagai salah satu media penghubung antara halaman 1 dan halaman 2 yang masih berada dalam blog/ website itu sendiri.

2. Link Eksternal atau eksternal link merupakan link yang di tempatkan pada sebuah obyek baik itu kata maupun gambar sebagai salah satu media penghubung antara suatu halaman dengan halaman lain yang tidak berada dalam blog/ website yang sama.

Contoh kasus :
Pada kasus ini Link saya ibaratkan sebuah Sosial Media Facebook.

Link Internal : Ketika anda berada dalam halaman beranda facebook dan ingin membuka halaman profil teman anda, anda tinggal mengeklik pada bagian nama profilnya dan secara otomatis anda akan di arahkan kehalaman profil teman anda yang masih dalam lingkup facebook, itulah internal link.

Link Eksternal : Ketika anda berada di halaman beranda facebook dan melihat tulisan sebut saja tulisan aku ingin pulang yang kemudian apabila tulisan tersebut anda klik beralih ke halaman lain di luar lingkup facebook sebut saja twitter, itulah yang di namakan dengan eksternal link. Begitu juga dengan keberadaannya di dalam blog/ website.

Itulah penjelasan singkat dan contoh kasus mengenai Link Internal dan Eksternal Link. Demikian artikel saya kali ini mengenai Pengertian Link Internal dan Link Eksternal dalam Blog. Semoga artikel yang sedikit konyol ini bermanfaat ;)


EmoticonEmoticon