Sunday 19 June 2016

Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blog

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blog, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tutorial Blog.

Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blog

Advertisement
Cara menambahkan, mengganti dan menghapus label di postingan artikel blogger - Baiklah kawan, sebelumnya blog siabdi sudah membagikan tutorial mengenai cara memasang breadcrumbs yang terindex google di blog. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara menambahkan, mengganti dan menghapus label yang terdapat pada sebuah postingan artikel yang ada di dalam blog. Namun, seperti biasanya, saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa sih yang di sebut label dan apa fungsinya di blog? Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini..

Label atau yang di sering di sebut dengan kategori yang berada di dalam blog dapat di artikan sebagai pengelompokan dari beberapa jenis artikel yang masih dalam satu lingkup pembahasan atau topik yang ada di dalam blog itu sendiri. Sebagai contoh seperti ini, semisal anda ingin membuat artikel pertama yang berjudul cara mengganti baterai android, nah kemudian artikel tersebut anda beri label/ kategori "tutorial android", nah bila di kemudian hari anda ingin membuat artikel yang kedua dan masih dalam lingkup tutorial android, maka artikel tersebut dapat anda masukkan dalam kategori "tutorial android" itu tadi.

Kemudian, setelah anda mengetahui apa itu label/ kategori di dalam blog, selanjutnya mari kita mengetahui apa fungsi dari label/ kategori itu sendiri. Dari sekian banyak fungsi yang ada, saya hanya akan menjelaskan salah satu fungsinya saja yang saya anggap paling umum dan mencolok. Fungsi dari mengkategorikan/ memberi label dalam sebuah postingan artikel yakni guna memudahkan para pengunjung/ visitor blog untuk mencari/ mengeksplor artikel yang ada di dalam blog anda sesuai dengan topik-topik tertentu. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan cara untuk menambahkan, mengganti dan menghapus label pada artikel tertentu. Oke langsung saja ke langkah-langkahnya di bawah ini. Silahkan pilih sesuai permasalahan ang sedang anda hadapi.

Cara Memberi dan Menambahkan Label pada Artikel Blog

Mengapa untuk yang pertama saya bahas kok mengenai cara meberikan label? Ya tentu saja karena ini yang pertama, tidak mungkin juga kan anda mengganti taupun menghapus label tanpa ada pemberian label terlebih dahulu, hehehe... Baik langsung saja, Untuk pemberian label dalam sebuah artikel dapat kita lakukan melalui 2 cara, silahkan simak simak di bawah ini.

1. Memberi label melalui post editor
Cara ini dilakukan ketika anda sedang menulis artikel, caranya silahkan pilih menu "label" yang berada di pojok kanan atas post editor, selanjutnya silahkan tuliskan label/ kategori anda dan di akhiri dengan menekan tombol selesai.

2. Memberi label melalui halaman post
Cara ini dilakukan ketika anda sudah selesai menulis artikel dan kemudian anda publish namun anda lupa untuk memberinya label. Lantas bagaimana cara memberinya label? Caranya, pertama silahkan anda masuk ke halaman post, selanjutnya silahkan beri tanda centang pada artikel yang ingin anda beri label. Kemudian silahkan anda klik icon label dan silahkan pilih pada kategori mana artikel tersebut ingin anda tambahkan. untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blog

Penjelasan :
Nomor 1 : Beri tanda centang pada artikel yang ingin anda beri/menambahkan label.
Nomor 2 : Icon Label untuk memunculkan pilihan label anda.
Nomor 3 : Untuk membuat label baru sesuai dengan topik artikel anda.
Nomor 4 : Daftar label yang sudah anda buat.

Note : Cara di atas juga dapat anda gunakan untuk menambahkan label pada artikel tertentu tanpa harus masuk ke halaman post editor. Selajutnya yakni mengganti dan menghapus label pada artikel tertentu.

Cara Mengganti atau Memindahkan Label Artikel

Untuk Mengganti atau memindahkan label, langkah pertama silahkan anda masuk ke halaman post. Selanjutnya silahkan beri tanda centang pada artikel yang ingin anda ganti labelnya. Kemudian silahkan klik icon label dan silahkan pilih pada label mana artikel anda ingin anda ganti/ pindahkan. Selanjutnya, silahkan pilih kembali icon label dan silahkan pilih pada label mana artikel anda ingin anda hapus.

Contoh kasus : Semisal saya membuat postingan ini dengan label "artikel", kemudian saya ingin menghapusnya dari label artikel dan ingin memindahkannya pada label "belajar ngeblog" maka yang harus saya lakukan adalah seperti langkah di atas, atau silahkan simak gambar di bawah ini agar lebih jelas dan mudah untuk di pahami.


Nah sudah cukup jelas kan? Selanjutnya ke langkah cara menghapus label...

Cara Menghapus Label pada Blog

Mungkin menghapus label itu ada 2 pengertian, yang pertama hanya menghapus label dalam artian memindahkan artikel pada label tertentu dan menghapusnya dari label sebelumnya, dan yang kedua yakni menghapus label agar label tersebut tidak ada lagi di dalam blog milik kita. Untuk menghapus label dalam artian memindahkan artikel pada label tertentu dan menghapusnya dari label sebelumnya anda dapat menggunakan cara mengganti atau memindahkan label seperti yang sudah saya bahas tadi di atas. Namun apabila anda ingin menghapus label dalam artian agar label tersebut tidak ada lagi di dalam blog anda, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama, silahkan anda filter artikel anda sesuai dengan nama label yang ingin anda hapus.
2. Silahkan centang semua artikel anda tersebut.
3. Silahkan anda klik icon label dan silahkan pilih nama labelnya (label yang ingin anda hapus selamanya).

Contoh kasus : Saya sudah membuat 1 artikel dengan label "Custom ROM", kemudian saya ingin menghapus label tersebut agar label Custom ROM tidak ada lagi di dalam blog saya, maka saya dapat menerapkan cara di atas. Atau untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Menghapus dan Mengganti Label di Blog

Nah cukup mudah kan?

Nah, itulah tadi cara untuk cara menghapus dan mengganti label di blogger. Sebenarnya dalam 1 artikel bisa saja kita beri beberapa label. Namun saran saya, untuk pemberian label dalam sebuah artikel setidaknya hanya 1 sampai 3 label saja, dalam artian label yang anda tambahkan dapat di katakan masih terkait dengan artikel anda. Mengapa demikian? Salah satu alasannya agar blog ada terlihat rapi dan agar tidak membingungkan pengunjung blog anda.

Demikian artikel saya kali ini, apabila sobat masih mengalami kesulitan atau kebingungan mengenai cara di atas, silahkan sobat meninggalkan pertanyaan pada kotak komentar. Akhir kata dari saya, terima kasih telah membaca artikel di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


EmoticonEmoticon