Saturday 25 June 2016

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Teknik Blogging. Artikel Teknik SEO.

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly

Advertisement
Cara membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly - Halo sobat siabdi, sebelumnya saya sudah membagikan artikel mengenai teknik blogging untuk menjadi seorang blogger handal, dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan gambaran mengenai cara menulis artikel yang baik, bagus dan berkualitas untuk blog. Sekedar mengingatkan kembali, sebelumnya saya juga sudah memberikan panduan belajar SEO dan teknik-teknik dasarnya. Bagi sobat yang ingin membaca artikel tersebut sobat bisa membaca artikel panduan belajar seo dan teknik dasarnya lengkap.

Baik langsung saja kita menuju ke dalam topik pembahasan seperti judul di atas, perlu anda ketahui dalam menekuni dunia blogging banyak sekali hal-hal yang perlu anda pelajari, dimana salah satunya yakni dalam menulis artikel di dalamnya. Secara kasat mata, menulis artikel di dalam blog itu sendiri hanya menulis dan di publikasikan. Namun faktanya, setelah kita terjun langsung dan mengetahui dunia blogging itu seperti apa, mungkin anda baru sadar kalau dalam menulis artikel di dalam blog itu juga memerlukan teknik tersendiri. Lah kok gitu mas?

Sebelum saya menjawab pertanyaan anda di atas, sebelumnya ada 1 pertanyaan yang harus anda jawab,
"Anda menulis artikel dalam blog tujuannya untuk apa?"
a. Untuk di bagikan ke semua pengguna internet dengan memberikan nilai manfaat di dalamnya.
b. Hanya untuk sekedar menyalurkan hobi menulis.
c. Hanya untuk catatan pribadi saja.

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly

Sekarang saya akan mencoba untuk menjawab, apabila jawaban anda yakni pilihan yang C, berarti anda tidak perlu repot-repot memikirkan teknik penulisan artikel pada blog anda, ya karena secara tidak langsung anda tidak membutuhkan pengunjung/ pembaca untuk blog anda. Namun apabila anda memiliki jawaban dimana salah satu jawaban itu antara a dan b. Berarti tidak ada salahnya apabila anda mulai belajar dan menguasai teknik dalam membuat artikel yang berkualitas untuk blog anda. Pasalnya, anda pasti akan membutuhkan yang namanya pengunjung, terutama bagi mereka yang berprofesi sebagai internet marketing.

Maka dari itu, mengingat dalam membuat artikel yang berkualitas itu sendiri tidaklah gampang, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa anda mulai dari sekarang guna membuat artikel yang berkualitas dan tentunya SEO Friendly. Namun untuk yang pertama saya akan memberikan gambaran dahulu mengenai cara membuat artikel yang berkualitas, lupakan SEO terlebih dahulu, nanti pada poin kedua saya akan membahasnya.

Cara Membuat Artikel yang Berkualitas

Dalam membuat artikel yang berkualitas, ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan, diantaranya seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini :
  • Dalam menentukan judul artikel.
  • Artikel yang orisinil
  • Tata bahasa yang baik
  • Panjang dan isi paragraf
  • Panjang artikel
  • Menunjukkan poin penting
  • Tujuan pembahasan yang jelas
Penjelasan secara rinci dari poin-poin di atas silahkan simak di bawah ini :

1. Menentukan judul artikel
Seperti yang kita ketahui, mungkin bagi sebagian orang judul di anggap sama saja sehingga banyak dari mereka yang tidak begitu memperdulikan judul dari artikel yang akan mereka buat. Saran saya, dalam menentukan judul artikel, buatlah judul semenarik mungkin namun jangan terlalu panjang. Mengapa saya sarankan demikian?

Semua itu tak lebih untuk menarik perhatian calon pembaca, sebagai contoh kita akan membuat artikel mengenai "cara membuat rempeyek" silahkan perhatikan judul yang ada di bawah ini :

a. Cara Membuat Rempeyek
b. Cara Membuat Rempeyek Enak dan Gurih

Apabila anda berada di posisi si pencari artikel kira-kira anda lebih memilih yang mana? Secara inti dari keduanya sama. Mungkin sebagian orang akan lebih memilih yang "B" dengan alasan judul "B" lebih meyakinkan. Poin ini juga mempengaruhi sisi SEO artikel anda.

2. Artikel yang orisinil
Selanjutnya yakni kualitas isi artikel anda, dalam membuat artikel yang berkualitas usahakan apa yang anda tuliskan/ anda sampaikan dalam isi artikel anda tersebut merupakan dari hasil pemikiran dan gaya bahasa anda sendiri. Jangan sekali-kali anda mencuri artikel milik orang lain dengan cara copypaste. Mengapa saya katakan demikian? Ya, tentunya bukan hanya manusia saja yang marah apabila mengetahui hasil karyanya di curi, namun mesin pencari pun nantinya juga akan membenci blog anda hingga berujung blog anda di anggap spamm.

3. Tata bahasa isi artikel
Sebelum anda mulai menulis ada 1 poin penting yang juga harus anda perhatikan, yakni tata bahasa/ penyampaian isi dari artikel anda. Saran saya, dalam membuat artikel gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar. Gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik penulisan dan juga tanda baca. Namun apabila anda berasal dari Luar negeri, silahkan anda menulis sesuai dengan Bahasa Negara anda.

Jangan membuat artikel dengan bahasa atau gaya bahasa alay. Mengapa demikian? Karena ketika kita sudah mempublikasikan artikel kita, nantinya yang akan membaca pastinya bukan hanya anak-anak, orang muda ataupun dewasa. Namun juga orang yang mungkin sudah cukup umur atau lebih tua dari umur kita yang belum tentu mengerti apa arti dari bahasa alay yang kita gunakan. Jangankan Orang tua, pastinya robot mesin pencari pun juga akan kesulitam dalam mencerna apa isi dari artikel anda. Ini juga mempengaruhi sisi SEO artikel anda.

4. Panjang dan isi paragraf
Entah anda akan percaya atau tidak, menurut pengamatan saya pribadi, pembaca akan merasa lebih betah membaca artikel dimana isi dari setiap paragraf itu sendiri tidaklah terlalu panjang. Mengapa demikian? ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, beberapa di antaranya yakni dari segi kerapian, kenyamanan dan juga dari segi pemahaman dari setiap paragrafnya. Inilah yang di namakan dengan Human Friendly.

Saran saya, dalam membuat artikel usahakan isi dari setiap paragrafnya tidaklah terlalu panjang, namun buat singkat, padat dan semenarik mungkin dimana nantinya juga memberikan rasa penasaran terhadap pembaca mengenai apa isi dari setiap paragraf artikel anda tersebut. Selain tampilan artikel kita akan terlihat rapi, pembaca blog kita juga akan merasa lebih nyaman dan mudah memahami isi dari setiap paragraf-paragraf yang ada di dalam artikel anda. Next poin nomor 5!

5. Perhatikan panjang artikel
Dalam membuat artikel dalam blog, banyak yang beranggapan bahwa kita di haruskan menulis artikel dengan sekian ribu jumlah suku kata di dalamnya. Ya, ini memang sebuah keharusan yang harus dilakukan ketika anda juga mempertimbangkan sisi SEO untuk artikel anda. Namun bagi anda yang masih pemula, anda tidak perlu langsung pusing-pusing memikirkan hal ini.

Saran saya bagi anda yang masih pemula, dalam membuat artikel tidaklah perlu panjang-panjang. Cukuplah membuat artikel sesuai kemampuan anda dan sesuai dengan topik yang sedang anda bahas. Banyak yang menyebutnya singkat namun berisi dan mudah di pahami. Namun satu yang harus anda perhatikan, Namun jangan terlalu pendek juga. Minimal buatlah artikel dengan 300 suku kata dan buat calon pembaca setertarik mungkin untuk terus membaca artikel anda.

Namun, apabila anda tetap memaksakan diri untuk tetap membuat artikel dengan sekian ribu kata, maka pilihlah topik/judul yang sekiranya cukup untuk anda membuat artikel dengan sekian ribu kata. Jangan sekali-kali anda memaksakan dimana artikel yang seharusnya pembahasannya pendek kemudian jadi anda panjang-panjangkan hingga akhirnya apa yang anda bahas keluar dari topik utama anda. Selanjutnya poin nomor 6....

6. Menunjukkan poin penting
Disini kita di hadapkan akan satu permasalahan, dimana kita sebagai penulis terkadang juga harus memahami karakter pembaca, dimana pembaca terkadang ada yang ingin to the poin mengetahui poin-poin yang di inginkan, namun ada juga yang ingin menambah wawasan mereka membaca seluruh artikel, Bingungnya di sini, apabila anda membuat artikel terlalu pendek akan berpengaruh terhadap nilai SEO anda, Namun apa bila kita urai semuanya terkadang banyak yang enggan untuk membaca. Solusinya hanya 1, yakni tandai setiap poin-poin penting yang ada dalam isi artikel anda, Baik menggunakan tulisan huruf tebal maupun bergaris bawah.

7. Tujuan pembahasan yang jelas
Tujuan yang jelas maksudnya seperti ini, apabila di awal anda menentukan judul dengan pembahasan topik A misalnya, maka silahkan anda jelaskan secara rinci pembahasan-pembahasan dan segala sesuatu yang terkait denga Topik A itu sendiri. Jangan sampai ketika anda menentukan topik dengan pembahasan A namun di dalam artikel anda tidak ada pembahasan yang jelas dan terarah alias banyak pembahasan yang keluar dari topik yang telah anda tentukan.

Itulah tadi keenam poin-poin penting dalam membuat artikel blog yang berkualitas, setelah anda mengetahui penjelasan setiap poin-poin di atas, selanjutnya saya akan memberikan cara bagaimana agar artikel anda tersebut menjadi lebih SEO friendly. Yuk simak!

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Perlu anda ketahui, pesaing anda dalam dunia blogging bukan hanya puluhan ataupun ratusan orang, namun mencapai fingga ratusan ribu yang berprofesi sama dengan anda, maka dari itu membuat artikel yang seo friendly juga sangatlah di perlukan guna mendapatkan ranking teratas dalam peringkat hasil pencarian.
Lantas seperti apa cara menulis artikel yang SEO Friendly itu?
Dalam penerapannya sebenarnya tidaklah sesulit yang anda pikirkan, namun tetap ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, beberapa di antaranya akan saya sebutkan di bawah ini :
  • Riset Keyword/ Kata Kunci
  • Perhatikan judul Artikel Anda
  • Penempatan Kata Kunci dalam Artikel
  • Panjang Artikel
  • Penggunaan LSI
  • Penggunaan Internal Link
Penjelasan secara rincinya silahkan simak di bawah ini :

1. Melakukan riset kata kunci
Riset kata kunci secara singkat dapat di artikan sebagai mencari informasi mengenai apa saja yang paling banyak/ paling sering di cari melalui media internet. Maka dari itu, sebelum anda memutuskan anda menulis artikel, alangkah ada baiknya apa bila anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Untuk melakukan Riset Keyword itu sendiri anda dapat menggunakan keyword planner, namun pastikan anda memiliki akun google adwords, karena keyword planner dapat di gunakan apabila anda telah memiliki akun google adwords, namun apabila anda belum memilikinya, silahkan anda membuat akun terlebih dahulu di google adwords.

2. Perhatikan judul artikel anda
Cara membuat judul sudah saya bahas tadi di atas, tepatnya pada poin nomor 1. Silahkan anda kaji ulang cara dalam membuat judul yang sudah saya jelaskan di atas. Nah, untuk membuat judul anda agar lebih SEO friendly, yang perlu anda lakukan yakni menempatkan kata kunci anda di awal. Karena penempatan kata kunci di awal judul lebih bagus bila di bandingkan penempatan kata kunci di akhir judul.

3. Penempatan kata kunci dalam artikel
Untuk menempatkan kata kunci anda dalam artikel, ada dapat melatakkannya di awal paragraf artikel anda. Namun harus anda ingat, anda jangan menempatkan kata kunci secara berulang-ulang dalam paragraf yang sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu di ketahui juga, anda juga dapat memberikan huruf tebal pada setiap kata kunci anda.

4. Panjang artikel anda
Dalam membuat artikel yang SEO Friendly, saya sarankan panjang artikel anda minimal terdiri dari 1800 suku kata. Mengapa demikian? Salah satu alasannya yakni agar artikel dan blog anda terlihat berkualitas, karena salah satu yang menjadi pertimbangan penting sebuah blog yakni berpatokan pada seberapa panjang artikel yang dia tulis, Artikel yang terlalu pendek tidak akan memberikan nilai SEO yang baik terkadang justru hanya akan dianggap spam oleh mesin pencari.

5. Penggunaan LSI
Apa sih itu LSI? LSI merupakan kependekan dari Latent Semantic Indexing, yang dapat di artikan sebagai kelompok kata atau suku kata yang memiliki kesamaan/ sinonim atau juga relevansi dengan keyword anda. Dalam membuat artikel, anda juga dapat meletakkan LSI ini di adalam artikel anda.

6. Penggunaan Internal Link
Saya anggap anda sudah mengerti apa itu internal link. namun apabila anda masih belum mengetahui apa itu internal link silahkan baca artikel pengertian link internal dan eksternal link dalam blog. Menempatkan internal link di dalam artikel juga sangatlah berpengaruh pada sisi SEO guna memerintahkan mesin pencari untuk ikut merayapi halaman-halaman terkait. Sehingga halaman-halaman anda akan mudah di temukan oleh mesin pencari. Ada keuntungan lain yang akan dapatkan, yakni :
  • Mengurangi nilai Bounce Rate
  • Memberikan Penawaran terhadap pembaca untuk membaca artikel yang masih terkait dengan artikel yang saat itu mereka baca.
Namun saran saya, dalam penggunaan link internal dalam sebuah halaman itu sendiri janganlah terlalu banyak agar halaman anda tidaklah di anggap halaman spamm oleh mesin pencari.

Demikian artikel kali ini menganai cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO Friendly. Saran saya khusus bagi anda yang baru terjun dalam dunia blogging, dalam melakukan atau menerapkan optimasi SEO dalam artikel/ Optimasi SEO Onpege anda tidaklah perlu terburu-buru. Latihlah terlebih dahulu kemampuan anda dalam menulis artikel yang berkualitas. Akhir kata dari saya, semoga artikel yang sederhana di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.. Semoga bermanfaat dan Happy Blogging :)


EmoticonEmoticon