Thursday 1 June 2017

Tips Cara Mengenal Apa Domain dan Hosting

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Tips Cara Mengenal Apa Domain dan Hosting, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Hosting.

Tips Cara Mengenal Apa Domain dan Hosting

Advertisement
Dengan berselancar dalam dunia internet, kami tak dapat lepas dari istilah hosting, domain. Hanya saja berbagai diantara kami ada yang tetap belum mengetahui dengan tentu apa saja yang sedang mereka lihat saat memakai internet. Padahal apa yang dihadapannya itu, mulai dari pertama kali membuka browser lalu mengetikan kata kunci alias keyword saat terhubung dengan internet maka ketiga faktor ini rutin mengikuti apa saja yang kami perbuat saat meperbuat aktifitas internetan tersebut.

Dalam menekuni dunia blogging, kamu tentu bakal menemui yang namanya domain serta hosting. Serta pada peluang hari ini blog siabdi bakal sedikit mengetahuikan terhadap kamu tentang apa itu domain serta hosting.

Mengetahui Apa itu Domain serta Hosting

Tips Cara Mengenal Apa Domain dan Hosting

Mengetahui Arti Domain


Domain adalah suatu nama unik yang dipakai untuk mengidentifikasi serta mengakses suatu nama server komputer, semacam halnya web server serta email server pada jaringan komputer ataupun internet. Kegunaan domain itu sendiri yakni guna memudahkan para pemakai internet dalam meperbuat jalan masuk ke suatu server. Pada dasarnya domain tersebut terdiri dari berbagai angka unik yang dimana angka tersebut tak jarang disebut dengan IP.

Maka dengan adanya nama domain, seseorang bisa mengunjungi suatu server tersebut dengan mudah memakai nama domainnya tanpa wajib menghafalkan alamat IP server tersebut. Nama domain tak jarang disebut juga sebagai alamat URL alias alamat website. Contoh nama domain yaitu google.com.

Domain itu sendiri tersedia berbagai tahap, saya bakal mencoba membahas satu per-satu di bawah ini :


1. Top Level Domain


Global top level domain adalah suatu tahap dari nama Domain ataupun alamat website yang terletak pada tahap kanan hingga tanda titik. Sebagai contoh www.google.com dimana domain tersebut terletak pada [.com]

2. Second Level Lomain


Secon level domain adalah adalah suatu nama yang di daftarkan, umpama untuk website www.google.com Second Level Domainnya terletak pada [google]

3. Country Code Top Level Domain


Country code domain adalah TLD khusus yang dipakai untuk negara tertentu. Sebagai contoh, domain [.jp] untuk Negara Jepang, [.in] untuk Negara India [.id] dipakai untuk Negara Indonesia, [.us] untuk Amerika Serikat dll.

4. Sub domain alias Third Level Domain


Sub domain adalah sebutan untuk domain yang adalah tahap dari domain utama. Sebagai contoh blog siabdi berikut yang tetap memakai sub domain milik google, dimana alamat blognya siabdi.blogspot.com , maka subdomain tersebut terletak pada [siabdi] dengan domain mutlak blogspot.com.

Itulah arti serta pengenalan pendek tentang apa itu domain serta manfaatnya. Selanjutnya saya bakal mengulas tentang apa itu hosting. simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Mengetahui Arti Hosting


Sedangkan arti hosting, hosting adalah salah satu bentuk layanan/ penyimpanan file alias data di Internet dimana para pemakai internet bisa memakai file alias data yang sudah kamu simpan di web / website Internet. Hosting adalah tempat untuk ,enyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang mempunyai koneksi ke internet jadi data tersebut bisa direquest ataupun diakses oleh tak sedikit orang pemakai internet.

Adapun berbagai spesifikasi hosting, berikut berbagai yang penting adalah :

  • Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Kamu taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
  • Bandwidth alias besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
  • Jumlah database : Ini adalah menentukannya tak sedikitnya database yang bisa Kamu buat / taruh di hosting
  • Jumlah addon domain : Tak sedikitnya domain lain yang bisa Kamu tambahkan ke hosting
  • Jumlah akun email : Tak sedikitnya akun email yang bisa Kamu buat


Dalam dunia blogging ataupun website, domain serta hosting bisa di fotokan sebagai berikut :

  • Domain sebagai alamat/ jalan masuk jalan
  • Hosting adalah tempat tinggal anda

Maka dari situ bisa di fotokan, jika ada orang yang ingin mengunjungi rumah kamu (Hosting) , maka orang tersebut bisa mengunjungi rumah kamu dengan sesuai dengan alamat/ jalan masuk jalan (Domain) yang sudah kamu tentukan. Tak lebih lebihnya semacam itu fotoannya.

Demikianlah postingan Cara Mengenal Apa Domain dan Hosting. Terimakasih.


EmoticonEmoticon