Friday 9 December 2016

3 Cara Mengganti Template Blog

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas 3 Cara Mengganti Template Blog, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Ngeblog. Artikel Tutorial Blog.

3 Cara Mengganti Template Blog

Advertisement
Cara mengganti tema template tampilan blog - Halo sobat siabdi, pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan artikel mengenai cara belajar ngeblog untuk pemula dan juga teknik SEO. Maka pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit memberikan cara untuk mengganti template atau tampilan blog. Mengapa kok saya repot-repot membagikan tutorial ini, bukannya sudah banyak teman-teman blogger yang juga sudah membagikannya. Semua ini saya lakukan hanya untuk berbagi pengetahuan saja, selain itu mungkin ada juga teman-teman blog siabdi yang masih baru saja terjun ke dunia blogging dan ingin belajar dari blog yang sederhana ini.

Sebenarnya ada juga pengalaman beberapa waktu lalu, yang tak lebih sebuah pertanyaan dari adik kandung saya yang kebetulan juga ingin belajar blogging. Dia baru saja membuat blog, dan dia ingin mengganti tampilan blognya sesuai dengan template seleranya, tanpa pikir panjang langsung saja dia saya arahkan ke blog templateseores untuk memilih template yang sesuai, baru dari situ saya teringat, wo iya ternyata saya lupa belum membagikan tutorial cara mengganti template. Maka dari situlah, pada kesempatan kali ini saya sempatkan untuk membuat tutorial singkat ini. Oke langsung saja simak di bawah ini.

Cara Mengganti Template Blog

Cara 1 Mengganti Template Blog

Bagi sobat yang ingin menggunakan template bawaan blogger, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Pertama, silahkan sobat masuk ke blog milik sobat.
2. Selanjutnya, silahkan sobat pilih menu template dan silahkan pilih tema atau template yang ada di dalamnya.

3. Selanjutnya silahkan klik sesuaikan untuk mengatur lebar dan lain sebagainya dan silahkan klik terapkan ke blog untuk menggunakannya di template sobat. Apabila sobat ingin melihatnya terlebih dahulu, silahkan pilih preview untuk melihat live demonya.

Cara 2 Mengganti Template Blog

Apabila sobat ingin menggunakan template dari luar seperti halnya template yang di bagikan oleh templateseores. Maka sobat dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama silahkan pilih dan download templatenya dari gallery template yang sudah banyak tersebar. Saya sarankan silahkan download dari templateseores.

2. Kemudian, apabila file tersebut dalam bentuk .zip, langkah selanjutnya silahkan extract filenya terlebih dahulu dan silahkan cari file yang ada di dalamnya yang file tersebut dalam bentuk xml.

3. Apabila file .xml telah sobat temukan, selanjutnya silahkan masuk ke blog sobat dan silahkan pilih menu template ? kemudian silahkan pilih menu cadangkan atau pulihkan yang ada di bagian kanan atas halaman tempate.

4. Selanjutnya silahkan pilih choose file dan silahkan pilih file .xml yang terdapat dalam hasil extract file .zip pada langkah nomor 2 di atas.

5. Kemudian silahkan pilih upload untuk mulai mengganti template sobat. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Tutorial Mengganti Template Blog

Cara 3 Mengganti Template Blog

Apabila sobat masih ke bingungan dalam menerapkan cara nomor 2 di atas, sobat juga dapat menerapkan cara berikut untuk mengganti tampilan blog milik sobat.

1. Pertama silahkan pilih dan download filenya dari gallery template yang sudah banyak tersebar.

2. Kemudian, apabila file tersebut dalam bentuk .zip, langkah selanjutnya silahkan extract filenya terlebih dahulu dan silahkan cari file yang ada di dalamnya yang file tersebut dalam bentuk xml.

3. Apabila file .xml telah sobat temukan, silahkan buka file tersebut dengan menggunakan notepad, caranya silahkan klik kanan pada bagian file yang berekstensi .xml tersebut ? kemudian silahkan pilih open with ? dan kemudian silahkan pilih notepad.

4. Selanjutnya, apabila file .xml tersebut sudah terbuka dalam notepad, silahkan copy semua kode tersebut.

5. selanjutnya silahkan masuk ke blog sobat dan silahkan pilih menu template ? kemudian edit template ? selanjutnya silahkan hapus semua kode yang terdapat dalam template editor dan silahkan pastekan atau ganti dengan hasil copyan dari notepad pada langkah nomor 3 di atas.

3 Cara Mengganti Template Blog

6. Langkah terakhir silahkan save atau simpan template dan lihat hasilnya :)

Itulah tadi di atas tutorial singkat mengenai cara mengganti template atau tema blog milik sobat, apabila sobat memiliki pertanyaan, jangan lupa untuk meninggalkannya dalam kotak komentar ya. Terimakasih telah membaca tutorial yang sederhana di atas. Happy Blogging ;)


EmoticonEmoticon