Sunday 3 July 2016

Cara Screenshot Layar Komputer Menjadi Animasi GIF

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Screenshot Layar Komputer Menjadi Animasi GIF, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tutorial Blog.

Cara Screenshot Layar Komputer Menjadi Animasi GIF

Advertisement
Cara screenshot layar komputer menjadi animasi - Baiklah kawan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara untuk untuk captured layar komputer dengan bantuan sebuah aplikasi dimana hasil captured tersebut dapat tersimpan dalam bentuk gambar animasi.gif. Sebelumnya saya sudah membagikan artikel mengenai cara mempercepat koneksi internet di komputer, bagi anda yang ingin mencobanya, anda bisa membaca artikel saya tersebut.

Oke kembali ke pokok pembahasan, mengapa kok saya repot-repot membuat artikel dengan judul di atas? Semua saya kembalikan ke niat awal saya dalam terjun ke dunia blogging yaitu karena saya ingin berbagi pengalaman seputar dunia blogging, internet dan teknologi. Dulu pada waktu saya masih pertama kali terjun dalam dunia blogging saya di bingungkan oleh gambar tampilan. Saya sempat menemui sebuah postingan artikel dalam sebuah blog yang memberikan tutorial-tutorial dan kebetulan pada waktu itu gambar dalam isi artikel tersebut menggunakan gambar hasil screenshot namun dalam bentuk gambar animasi.

Cara Screenshot Layar Komputer Menjadi Animasi GIF

Maka dari itu, tujuan saya menulis artikel ini yakni hanya untuk sekedar berbagi para pengguna internet khususnya bagi para blogger pemula, mengapa kok untuk para blogger? Ya, tentunya para blogger juga pasti membutuhkan sebuah gambar yang semenarik mungkin untuk di masukkan ke dalam artikelnya guna menunjang kualitas isi artikel tersebut, apalagi bagi para pemilik blog yang memberikan tutorial-tutorial sudah pasti membutuhkannya.

Setelah saya mencari tau, ternyata dalam mengcapture layar komputer dengan hasil gambar animasi tersebut kita bisa melakukannya dengan bantuan sebuah aplikasi Licecap. Untuk cara penggunaannya anda ikuti langkah-langkah yang akan saya berikan di bawah.

Cara Capture Layar Komputer Menjadi Animasi

1. Pertama silahkan anda menuju ke halaman resminya di cockos.com dan silahkan unduh aplikasinya di sana sesuai dengan OS yang anda gunakan.
2. Setelah aplikasi tersebut berhasil anda unduh, silahkan instal dan jalankan aplikasi tersebut.
3. Kemudian silahkan buka aplikasinya.
4. Setelah aplikasi terbuka, silahkan perhatikan keterangan di bawah ini :

Keterangan :
  • Max FPS (Max Frames per-Second)
  • Size (Ukuran Lebar yang akan anda capture)
Untuk max FPS dan ukurannya dapat anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Setelah anda menyesuaikan FPS dan Ukurannya, anda dapat mulai mengcapture layar komputer anda dengan menekan tombol Record. Maka anda akan di arahkan ke tempat penyimpanan dimana nantinya gambar tersebut akan anda simpan. Untuk settingannya silahkan perhatikan gambar yang saya tandai di bawah ini.


Silahkan setting sesuai gambar di atas.

6. Kemudian silahkan tekan tombol Save untuk memulai capture layar komputer anda dan silahkan tekan tombol stop untuk mengakhiri capture anda.

Demikian artikel kali ini mengenai cara capture layar komputer menjadi animasi. Bagi anda yang penasaran silahkan coba cara di atas. Semoga bermanfaat :)


EmoticonEmoticon