Sunday 3 July 2016

Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tutorial Blog.

Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive

Advertisement
Cara menyimpan file di google drive - Halo kawan, pada kesempatan kali ini blog siabdi akan memberikan cara untuk menyimpan segala jenis file di google drive. Sebelumnya saya sudah membagikan cara membuat forum responsive di blogger dengan google group. Bagi anda yang ingin membaca artikel silahkan cari penggunakan kotak pencarian yang tersedia di blog ini dengan kata kunci google group. Oke langsung saja ke pokok pembahasan sesuai judul. Seperti yang kita ketahui, bahwa 1 akun google dapat di gunakan untuk menikmati segala jenis produk google, dan google drive ini merupakan salah satunya. Sebelum melangkah lebih jauh ke dalam pembahasan, saya akan sedikit menjelaskan apa sih google drive?

Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive

Google drive atau yang sering di sebut dengan penyimpanan awan merupakan salah satu layanan gratis yang di keluarkan oleh google dengan fungsi/ kegunaan untuk menyimpan file secara online di akun google anda dimana anda dapat menyimpan file tersebut secara pribadi ataupun umum. Layanan ini di keluarkan pada Bulan April Tahun 2012 lalu. Saat peluncuran pertamanya, google drive ini hanya memiliki kapasitas tidak lebih dari 5GB.

Namun kini google drive telah melebarkan sayapnya dengan memberikan kapasitas penyimpanan 15GB secara gratis untuk para penggunanya. Kapasitas penyimpanan 15GB itu kapasitas yang menurut saya sangat luas lho, namun apabila anda menginginkan kapastitas yang lebih, anda masih bisa menambahnya dengan cara mengupgrade akun anda ke akun gratis menjadi premium. Namun yang akan saya bahas kali ini yakni cara menyimpan file di google drive yang versi gratis dengan kapasitas penyimpanan maksimal 15GB.

Hanya sekedar berbagi saja, layanan ini cukuplah membantu saya baik dalam dunia pekerjaan maupun keperluan lainnya. Pasalnya, apabila saya lupa tidak membawa flashdisk, saya biasanya menggunakan fitur ini untuk menyimpan file yang sedang saya perlukan. Selain itu, apabila ada orang lain yang membutuhkan file tersebut namun ukuran file tersebut cukup besar dan memungkinkan kita harus bertemu dahulu untuk dapat membagikan file tersebut.

Maka dengan adanya google drive ini ternyata cukup membantu, karena ketika kita hendak berbagi file dengan seseorang yang berbeda lokasi, saya hanya tinggal menyimpan filenya di google drive dan kemudian membagikan alamat link file yang tersimpan agar orang yang membutuhkannya bisa mendownload filenya. Nah, bagi anda yang tertarik untuk menggunakan fitur google yang satu ini, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menyimpan File di Google Drive

1. Langkah pertama, pastikan anda sudah memiliki akun google terlebih dahulu. Namun bagi anda yang belum memiliki, silahkan baca artikel saya yang berjudul cara mudah membuat akun email dengan gmail. Bagi anda yang sudah memiliki akun google, silahkan lewati langkah ini.

2. Silahkan menuju halaman google drive dengan mengunjungi alamat tautan berikut Google Drive.

3. Setelah anda berada di halaman utama google drive, silahkan pilih "kunjungi google drive" dan silahkan masuk dengan akun google anda.

4. Selanjutnya, anda akan di bawa ke halaman penyimpanan seperti gambar di bawah ini.


Keterangan nomor pada gambar :
  1. Gambar no 1 : Untuk mulai menyimpan file.
  2. Gambar no 2 : Merupakan daftar file yang telah anda simpan, namun apabila anda belum menyimpan file, maka area yang di tunjuk oleh angka no 2 akan terlihat kosong.
  3. Gambar no 3 : Merupakan tempat untuk melihat kapasitas file yang telah di gunakan dan yang tersisa.

Menyimpan File di Google Drive

Untuk mulai menyimpan file anda silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Pertama silahkan anda klik pada menu "Baru" sesuai gambar nomor 1 di atas. Kemudian silahkan pilih file yang akan anda simpan di lanjutkan dengan menekan tombol "open".

Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive

2. Silahkan tunggu hingga proses penyimpanan selesai, lama proses penyimpanan file anda tergantung dari besar kecilnya file yang anda simpan.

3. Apabila proses penyimpanan telah selesai, maka sampai di sini anda sudah berhasil menyimpan file anda di google drive.

Namun secara default, penyimpanan file anda bersifat pribadi, artinya orang lain tidak dapat melihat ataupun mendownload file-file anda tersebut. Nah, apabila anda ingin berbagi kepada orang lain agar orang tersebut dapat melihat dan mendownload filenya, silahkan ikuti panduan di bawah ini :

Berbagi File dengan Google Drive

1. Silahkan klik kanan pada bagian file yang ingin anda bagikan secara publik.
2. Kemudian silahkan pilih opsi "Bagikan"
3. Selanjutnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini!

Cara Menyimpan dan Membagikan File di Google Drive

Keterangan :
  • Pada gambar nomor 1 silahkan anda ganti dengan "dapat melihat" seperti gambar di atas.
  • Selanjutnya silahkan pilih opsi "lanjutan/ opsi" sesuai langkah nomor 2.
4. Setelah semua langkah di atas anda lakukan, selanjutnya anda akan di hadapkan dengan pilihan seperti gambar di bawah ini.


Keterangan:
Secara default, pada bagian yang gambar yang saya tandai di atas masih berifat pribadi, maka untuk membagikan file anda silahkan pilih opsi "ubah" dan kemudian silahkan pilih "publik" kemudian simpan.

5. Kemudian, untuk mendapatkan alamat link dari file tersebut, silahkan klik kanan file anda dan silahkan pilih opsi "Dapatkan tautan yang bisa di bagikan" kemudian silahkan copy alamat tautan tersebut untuk anda bagikan kepada orang-orang yg membutuhkan file anda tersebut.

Sampai disini anda sudah bisa menyimpan dan membagikan file anda menggunakan layanan google drive. Demikian artikel saya kali ini mengenai cara menyimpan dan membagikan file melalui fitur google drive. Bagi anda yang masih kebingungan dengan langakah-langkah di atas, silahkan tinggalkan komentar anda melalui kolom komentar di bawah. Akhir kata dari saya teriakasih telah membaca artikel di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


EmoticonEmoticon