Sunday 3 July 2016

Cara Membuat Forum Responsive di Blogger dengan Google Group

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Membuat Forum Responsive di Blogger dengan Google Group, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tutorial Blog.

Cara Membuat Forum Responsive di Blogger dengan Google Group

Advertisement
Cara membuat forum responsive di blogger dengan google group - Halo kawan, sebelumnya saya sudah memberikan tutorial mengenai cara menyimpan file javascript di github, dan untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat forum responsive di blogger menggunakan google group. Penting ya mas memasangnya di blog?

Penting tidaknya itu sebenarnya sesuai dengan kebutuhan sih. Dikatakan perlu apabila blog sobat merupakan blog dengan niche tutorial-tutorial, karena akan memudahkan admin dengan para pengunjungnya untuk saling berdiskusi dsb. Nah, bagi sobat yang langsung ingin memsangnya di blog silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Forum Responsive di Blogger

1. Pertama, silahkan anda menuju ke halaman google group terlebih dahulu dengan mengunjungi alamat tautan berikut Google Groups

2. Setelah sobat berada di halaman google group silahkan ketuk pilihan "Buat Group"

Cara Membuat Forum Responsive di Blogger

3. Selanjutnya, sobat akan di bawa ke halaman dimana sobat akan membuat group tersebut, silahkan berikan nama dan diskripsi untuk group yang akan sobat buat.

Keterangan : Silahkan isi kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan sobat. 

4. Setelah itu silahkan gulir halaman browser sobat ke bawah, maka sobat akan menjumpai tampilan seperti gambar di bawah ini.


Keterangan gambar :
  • Gambar no 1 : "Jenis group" silahkan sobat buat "Forum Web"
  • Gambar no 2, 3 dan 4 : "Izin Dasar" silahkan isikan sesuai ke inginan sobat bagaimana sifat dari forum tersebut, ataukan forum terbuka (semua orang bisa membuat topik ataukah tertutup dalam artian hanya member yang bisa membuat topik.
  • Gambar no 5 : Merupakan tombol untuk mulai membuat group anda, tunggu hingga prosesnya selesai.
5. Sampai disini anda telah berhasil membuat group menggunakan google group. Langkah selanjutnya yakni mengambil kode script group tersebut untuk nantinya di pasang pada laman statis blog sobat, caranya sebagai berikut.

Cara Memasang Google Group di Blogger

1. Pertama, silahkan sobat masuk ke menu group saya dan silahkan buka group sobat yang tadi sudah sobat buat.

2. Selanjutnya, silahkan sobat pilih "icon gerigi" pada pojok kanan halaman group anda dan silahkan pilih setelan group. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatian gambar berikut.


Keterangan : 
  • Gambar no 1 dan 2 merupakan langkah dimana sobat akan mengambil kode script yang nantinya akan sobat pasang di blog.
  • Gambar no 3 : Merupakan kode script yang akan di tempelkan pada blog. Kodenya kurang lebih akan nampak seperti di bawah ini.
<iframe id="forum_embed"
src="javascript:void(0)"
scrolling="no"
frameborder="0"
width="900"
height="700">
</iframe>
<script type="text/javascript">
document.getElementById('forum_embed').src =
'https://groups.google.com/forum/embed/?place=forum/abdina'
+ '&showsearch=true&showpopout=true&showtabs=false'
+ '&parenturl=' + encodeURIComponent(window.location.href);
</script>
  • Setelah anda mengambil/ mengcopy kode script tersebut sesuai pada gambar nomor  3 di atas. Selanjutnya silahkan sobat simpan dengan menekan tombol simpan sesuai gambar no. 4 di atas.
Setelah semua langkah di atas sobat selsesaikan, langkah selanjutnya yaitu memasangnya di blog :
1. Langkah pertama silahkan sobat masuk ke halaman blogger sobat terlebih dahulu.
2. Silahkan sobat masuk ke halaman laman dan silahkan buat laman baru.
3. Setelah anda berada di dalam posting laman, silahkan sobat masuk ke mode HTML dan silahkan sobat paste kode yang tadi telah sobat copy dari halaman google group.

4. Nah agar nantinya tampilan group sobat menjadi responsive ketika group tersebut di buka dalam versi mobile, silahkan cari kode width="900" dan silahkan ganti "900" menjadi "100%" contoh :


5. Silahkan publikasikan laman dan silahkan lihat hasilnya.

Itulah cara dalam membuat forum responsive di blogger dengan menggunakan google group. bagi sobat yang masih kebingungan dalam mengimplementasikannya, silahkan tinggalkan komentar sobat dalam kotak komentar. Akhir kata dari saya, terimakasih telah membaca artikel di atas, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)


EmoticonEmoticon