Saturday 25 June 2016

Panduan Tepat Belajar Bisnis Online untuk Pemula

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Panduan Tepat Belajar Bisnis Online untuk Pemula, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Bisnis. Artikel Bisnis.

Panduan Tepat Belajar Bisnis Online untuk Pemula

Advertisement
Panduan belajar bisnis online dan internet marketing - Artikel ini sengaja saya buat karena bukan bermaksud untuk menggurui anda semua, namun saya hanya ingin berbagi informasi dan pengalaman saya selama saya terjun di dunia blogging dan menjalankan bisnis online. Emang bisnis online ada berapa macam mas? jawabannya "banyak sekali macamnya," nanti akan saya jelaskan secara rinci dan cara kerjanya seperti apa. Namun pesan saya, ketika anda masih mau merintis bisnis online, anda jangan terburu nafsu untuk langsung memutuskan untuk menjalankan beberapa macam bisnis online secara bersamaan.

Mengapa demikian? coba sekarang anda bayangkan anda tinggal serumah dengan lima orang teman anda, ibaratkan saja 5 teman anda itu adalah pelanggan anda, nah dengan waktu yang bersamaan mereka meminta tolong kepada anda. Apa yang ada di benak anda? Disisi lain, dengan menjalankan beberapa jenis bisnis di saat anda masih mulai merintis itu justru akan mengganggu konsentrasi anda dalam belajar menjalankan bisnis secara online dimana anda nantinya menjadi tidak konsisten terhadap bisnis anda tersebut alias terombang ambing.

Jangankan saat mulai merintis, bahkan yang para senior yang sudah lama terjun dalam bisnis ini juga sangat di sarankan untuk tidak menjalankan bisnis lebih dari satu. Lantas dari mana saya harus memulainya? Itulah pertanyaan yang paling sering saya dengar. Sebelum saya menjawab tersebut, saya akan coba menjelaskan secara singkat apa itu bisnis online dan seperti apa cara kerjanya.

Panduan Belajar Bisnis Online untuk Pemula

Pengertian Bisnis Online dan Cara Kerjanya

Sesuai dengan namanya yakni bisnis online, berarti bisnis yang di jalankan secara online dengan menggunakan fisilitas atau media internet. Mengingat di zaman yang serba modern seperti sekarang ini bisa dikatakan zaman dengan tingkat mobilitas tingkat tinggi dari tahun-tahun sebelumnya, dimana saat ini apa-apa saja yang kita butuhkan dapat di akses dan dapat di peroleh dengan mudah menggunakan alat bantu gadget dan internet.
Berarti beda ya mas dengan bisnis offline?
Sebenarnya prinsip dan cara kerjanya sama, yang membedakan hanyalah medianya saja, kalau bisnis offline kita harus membuka lapak seperti halnya toko ataupun distro dan butik. Namun klo online kita menggunakan media internet, bisa menggunakan toko online, situs media sosial seperti facebook dan lain sebagainya. Bisnis online sendiri ada 3 jenis, yakni :
  • Bisnis Online to Online
  • Bisnis Online to Offline
  • Bisnis Offline to Online 
Di bawah ini penjelasan dari jenis-jenis bisnis online di atas...

1. Bisnis Online to Online merupakan bisnis yang keseluruhannya di jalankan secara online, baik proses dan oprasionalnya. Sebagai beberapa contoh bisnis yang masuk dalam kategori ini yakni konten publising, jual ebook, jual domain dan hosting dsb.

2. Bisnis Online to Offline merupakan bisnis yang awalnya di jalankan secara online namun di kemudian hari juga di jalankan secara offline. Sebagai contoh, anggap saja anda sekarang sedang menjalankan bisnis sebagai grosir pakaian secara online, namun akhirnya anda juga menjalankan bisnis ini secara offline dengan membuka butik ataupun distro dan sejenisnya.

3. Bisnis Offline to Online merupakan bisnis yang awalnya hanya di jual offline dan pada akhirnya juga di jual online, baik melalui toko online sendiri, marketplace ataupun melaui keberadaan situs media sosial. Sebagai contoh, sebelumnya anda memiliki butik ataupun distro yang awalnya hanya fokus dalam jenis bisnis offline, namun pada akhirnya anda memutuskan untuk juga memasarkan produk anda secara online.

Dari ketiga jenis bisnis online di atas yang saat ini paling ramai di jalankan yakni jenis Bisnis Offline to Online, dimana para pebisnis saling berlomba-lomba untuk memasarkan produk miliknya secara online. Namun untuk menjalankan ketiga jenis model bisnis di atas tidaklah segampang yang anda pikirkan, karena untuk sukses menjalankan bisnis model ini sangat di perlukan yang namanya internet marketing.
Lalu apa itu internet marketing? Lalu cara kerjanya seperti apa?
Secara singkat, internet marketing dapat di definisikan sebagai pemasaran secara online melaui media internet. Cara kerjanya sama halnya dengan cara kerja marketing lapangan. Yang membedakan hanya media promosinya saja, dimana apabila seorang marketing lapangan melakukan promosi secara bertatap muka langsung dengan calon customer, sedangkan internet marketing yakni melakukan promosi secara online dengan media internet, baik melalui promosi di media sosial ataupun promosi melalui aplikasi perpesanan seperti BBM dan Whatsapp.

Dalam dunia bisnis online, peran seorang internet merketer (Orang yang menjalankan internet marketing) sangatlah penting, karena dengan adanya seorang internet marketer bisnis anda akan lebih banyak di ketahui oleh semua orang terutama para pengguna internet dimana peran pelangan juga akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan anda dalam menjalankan bisnis online. Percuma juga kan apabila anda memiliki bisnis online namun tidak banyak yang tau. Iya kan? Maka dari itu, berarti anda juga harus belajar menjalankan internet marketing kalau anda tidak mau mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan/menyewa jasa internet marketer untuk memasarkan produk/ brand bisnis anda.
Lalu dari mana saya harus memulai bisnis online itu sendiri?
Setelah anda memahami apa itu bisnis online dan mengetahui cara kerjanya, sekarang saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara untuk memulai bisnis online. Dalam memulai bisnis online, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantanya :
  • Memiliki Niat dan Motivasi
  • Menentukan Tujuan
  • Memahami Diri Sendiri
  • Belajar dan Praktek
  • Menentukan Jenis Produk yang akan Anda Jual
  • Menentukan Media yang Akan Anda Pakai Jualan
  • Promosikan Bisnis Anda
  • Konsisten
  • Sabar dan Terus Berusaha
  • Memiliki Rencana Setelah Anda Meraih Kesuksesan
Dibawah ini penjelasannya...

1. Memiliki Niat dan Motivasi
Mengapa memiliki niat dan motivasi saya letakkan pada nomor urut paling awal? Karena dengan adanya niat dalam menjalankan sebuah bisnis, berarti anda memiliki pondasi yang kuat dalam menjalankan sebuah bisnis. Mengapa saya katakan demikian? Jujur saja, saya sering kali googling dalam mencari sebuah barang yang kebetulan juga sangat saya butuhkan waktu itu, namun tak jarang juga saya menjumpai website-website toko online yang tak berpenghuni alias di tinggal pergi entah kemana sama pemiliknya, jujur saya sering kali menyayangkan hal seperti ini, pasalnya dalam toko onlinenya kebetulan juga menjual barang yang sedang saya cari, tapi ketika saya follow up melalui halaman kontaknya sering kali tidak ada respon. Sampai saya juga berpikir, ini sang pemilik toko niat jualan apa nggak sih?

Itulah, alasan saya mengapa niat dan motivasi saya letakkan paling awal, karena semua itu sebagai pondasi anda dalam menjalankan bisnis online, dimana nantinya itu juga sangat berpengaruh terhadap nilai konsistensi anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Dan ketika anda mulai jenuh dalam menjalankan bisnis online, ingatlah apa motivasi anda dalam menjalankan bisnis online tersebut untuk mencapai tujuan anda.

2. Menentukan Tujuan
Setelah anda memiliki niat, selanjutnya yakni menentukan tujuan anda dalam menjalankan bisnis. Secara tidak langsung, menjalankan bisnis online karena memiliki tujuan dengan hanya sekedar menjalankan bisnis online itu hasilnya akan berbeda. Lha kok beda mas? Tentu saja berbeda, seorang yang menjalankan bisnis online karena ia memiliki tujuan ia pasti akan berusaha untuk terus menggapai tujuannya karena mereka memiliki rencana. Berbeda dengan orang yang hanya menjalankan bisnis karena asal-asalan, karena yang ada dalam benak mereka hanya satu, saya jualan laku ya Alhamdulillah gak laku ya sudah nunggu sampai ada pembeli tanpa adanya usaha. Itulah bedanya..

3. Memahami Diri Sendiri
Mengapa memahami diri sendiri sangatlah di perlukan? Ya, karena ini akan sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis anda guna melakukan pendekatan dan menjalin hubungan yang baik terhadap calon customer anda. Perlu di ketahui, ketika anda memiliki bisnis, customer adalah segalanya. Ibarat pepatah tamu adalah raja. Begitu juga dalam dunia bisnis, ketika ada calon pembeli maka perlakukan calon customer anda dengan ramah dan baik agar ia nyaman dengan pelayanan anda. Terus apa hubungannya dengan memahami diri sendiri?

Sebagai contoh seperti ini, apabila anda mengenal diri anda sebagai seorang yang kasar, kaku dan tidak ramah, maka untuk sukses menjalankan bisnis online anda di haruskan untuk belajar menjadi pribadi yang ramah. Mengapa demikian? Jawabannya sederhana saja, agar calon pelanggan anda tidak lari ke orang lain yang pelayanannya jauh lebih ramah dari pada anda. Pahamkan sekarang?! Lanjut...!

4. Belajar dan Praktek
Jangan anda kira dalam terjun dunia bisnis anda tidak perlu belajar, banyak sekali hal-hal yang harus anda pelajari ketika anda terjun ke dalam dunia bisnis online. Secara umum ilmu yang anda dapatkan berupa pengetahuan dimana anda bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan dasar/ basic-basic seputar bisnis online.
Dimana saya dapat belajar?
Untuk belajar dasar-dasar bisnis online anda bisa searching di google, banyak sekali situs-situs yang memberikan pengetahuan-pengetahuan dasarnya baik secara gratisan ataupun berbayar. Dan dari situ anda juga bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bisa anda pelajari. Setelah anda mendapatkan pengetahuan seputar bisnis online, sudah saatnya anda untuk mempraktekkannya dengan terjun langsung ke dunia bisnis online dengan mulai menentukan produk dan mulai berjualan.

5. Menetukan Produk yang Akan Anda Jual
Setelah poin nomor 1 sampai nomor 3 anda kuasai, selanjutnya silahkan anda menentukan produk yang akan anda jual. Silahkan gunakan minat dan kemampuan anda dalam menentukan produk tersebut. Saran saya, dalam menentukan produk usahakan anda menjual barang-barang yang banyak di cari. Janganlah anda menjual barang yang dimana barang tersebut jarang di cari orang. selain itu anda juga harus mengetahui pangsa pasar bisnis anda. Di bawah ini ada beberapa contoh jenis bisnis online yang sedang ramai di jalankan di indonesia

a. Mengikuti Program Affiliasi
Saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu program affiliasi, program affiliasi atau yang sering disebut affiliate program merupakan jenis pemasaran berbasis makelar, dimana anda menggunakan produk orang lain/ perusahaan untuk anda jual, yang kemudian anda akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap barang yang berhasil anda jual tersebut. Besar kecilnya komisi akan di tentukan oleh pihak penyedia program affiliasi dimana perhitungannya di nilai dengan persentase dalam artian berapa % dari setiap harga barang yang berhasil anda jual.

Media yang di gunakan untuk menjalankan bisnis ini adalah website atau blog, dimana peran anda dalam menjalankan bisnis ini yakni mengarahkan calon pembeli ke website merchant dengan menggunakan alamat tautan/link khusus yang sudah di sediakan oleh merchant yang anda ikuti. Bisnis jenis ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjalankan bisnis namun anda tidak memiliki produk atau barang yang akan anda jual. Jadi anda tidak perlu repot-repot membuat produk sendiri.

b. Menjalankan Bisnis Dropship
Bisnis Dropship merupakan sistem penjualan dimana anda dapat menjual suatu produk tanpa harus memiliki stock barang yang akan anda jual. Enaknya dalam menjalankan bisnis jenis ini yaitu, anda bisa menentukan sendiri berapa besar kecilnya keuntungan yang akan anda dapatkan. Peran anda dalam menjalankan bisnis ini yakni sebagai pemasar produk. Cara kerjanya/ alurnya seperti ini, ibaratkan anda sebagai dropshipper:

Supplier --> anda memasarkan produk --> anda menjalin komunikasi dengan calon pembeli --> setelah terjadi deal --> si pembeli menransfer sejumlah uang kepada anda --> keuntungannya anda ambil --> anda menransfer uang ke supplier sesuai harga barang yang dari supplier --> setelah itu pihak supplier akan mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli.

Bisnis ini sangatlah cocok bagi anda yang tidak mau ribet packing dan mengirim barang ke pengiriman barang. Saran saya untuk menjalankan bisnis dropship, pilihlah barang yang banyak di cari orang. Dan sebelum anda menentukan supplier anda, akan ada baiknya apabila anda membeli sebuah barang dari supplier tersebut guna mengetahui kualitas barang yang nantinya akan anda jual.

c. Content Publisher
Apa sih conten publisher? Content publisher merupakan seorang yang memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi para pengguna internet, baik konten tersebut akan berbentu tulisan ataupun video yang kemudian di masukkan ke dalam blog ataupun website guna di bagikan/ di baca oleh orang lain. Terus dapatnya keuntungan dari mana? cara seorang content publisher mendapatkan uang yakni dengan mengikuti program PPC(Pay Per-Click) dimana si pemilik blog atau website akan mendapatkan komisi dari setiap klik yang terjadi pada iklan yang terdapat pada blog mereka.

Selain mengikuti program PPC, si pemilik blog juga bisa menjual ruang iklan/ space iklan pada blog mereka, dimana si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah uang dari orang/ perusahaan yang akan memasang iklan di blog si pemilik blog tersebut. Besar kecilnya keuntungan/ harga dari setiap ruang iklan si pemilik blog itu sendiri yang menentukan. Biasanya besar kecilnya harga tergantung dari ukuran iklannya.

d. Menjual Produk Sendiri
Bagi anda uang memiliki produk sendiri yang siap untuk di pasarkan/ di jual secara online, anda bisa saja menjualnya sendiri secara onlie dengan media blog ataupun situs-situs media sosial seperti halnya facebook ataupun instagram. Next ke poin selanjutnya...

6. Menentukan Media yang Akan Anda Gunakan
Setelah anda menentukan produk apa yang akan anda jual, selanjutnya yakni menentukan media yang akan anda gunakan untuk jualan. Entah anda nanti akan numpang jualan di media sosial atau situs pasar online atau yang sering di sebut marketplace. Mengapa saya katakan kok numpang? Ya memang media tersebut bukan milik anda, anda di sana hanyalah pengguna. Namun saran saya, alangkah baiknya apabila anda memiliki website toko online sendiri.

Mengapa saya menyarankan hal tersebut? Semua tak lain karena untuk meningkatkan nilai kredibelitas bisnis anda, selain itu juga agar bisnis yang anda jalankan terlihat profesional dan bukan bisnis main-main. Mengingat semakin banyaknya bisnis yang hanya bisnis tipu-tipu yang mengatasnamakan bisnis online.
Tapi saya tidak bisa membuat blog, lalu gimana? 
Silahkan baca artikel saya, cara membuat blog dengan blogger.

Apabila anda tidak mau ribet, g mau repot, anda bisa saja menggunakan jasa orang lain untuk membuat toko online. Dimana saya bisa mendapatkan jasa tersebut? Silahkan anda googling dengan kata kunci jasa pembuatan website toko online. Berbayar ya mas? Ya tentulah membayar, anda berani memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis masa ngga mau ngluarin modal?

Namun, apabila anda memutuskan untuk tetap menggunakan situs media sosial, ada beberapa hal penting yang sangat anda perhatikan, seperti penggunaan hastag (#) guna memudahkan para customer dalam mecari barang yang anda jual sesuai dengan kategorinya.

Perlu di ingat juga, apabila anda menggunakan media sosial untuk menjual ataupun promosi, maka apa yang anda posting di dalamnya akan mudah tenggelam alias tergeser ke bawah terganti dengan postingan-postingan terbaru dari teman anda. Jadi, menurut saya memiliki website/ toko online sendiri merupakan pilihan terbaik untuk menjalankan bisnis.

7. Melakukan Promosi
Setelah anda memiliki pilihan produk/ barang yang akan anda jual serta memiliki media untuk kelangsungan bisnis anda, langkah selanjutnya yaitu melakukan promosi. Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk promosi beberapa di antaranya melalui media jasa periklanan seperti halnya google adwords, facebook ads, instagram, twitter ads (berbayar). Atau anda juga bisa mempromosikannya sendiri dengan menggunakan aplikasi-aplikasi perpesanan online seperti BBM ataupun Whatsapp dengan cara membuat group ataupun mengirimkan pesan broadcast. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan keberadaan forum-forum online untuk anda jadikan tempat promosi..

8. Konsisten
Setelah anda melakukan promosi, ada faktor penting lain yang juga harus anda perhatikan dan juga harus anda miliki, yaitu konsisten, sudah bukan hal yang asing lagi apabila anda harus konsisten dalam menekuni bisnis online, jangankan bisnis online, dalam bisnis offline pun juga sangat berpangaruh, karena pada dasarnya konsisten juga merupakan salah satu hal penting yang dapat menunjang dan mempertahankan bisnis anda untuk terus berjalan dan terus berkembang, tadi pada poin nomor 1 sudah sedikit saya singgung mengenai hal ini. Anda bisa mengkaji ulang poin nomor 1 di atas.

9. Sabar dan Terus Berusaha
Perlu di ketahui, dalam menjalankan bisnis online tidaklah semudah dalam menjalankan bisnis offline, kok gitu? Secara riil bisa anda lihat dari cara pemasarannya dan juga cara meyakinkan calon customer akan barang yang anda jual, karena calon customer tidak mengetahui secara langsung seperti apa kualitas barang anda. Bisnis offline pun sebenarnya juga tidaklah mudah dalam menjual produk, namun tidak sesulit bisnis online. Dari sinilah anda di haruskan untuk sabar dan terus berusaha. Jangan takut gagal, karena dari kegagalan tersebut anda bisa belajar untuk mencapai tujuan anda.

10. Memiliki Rencana Setelah anda Meraih Kesuksesan
Disinilah banyak orang yang berhenti mengembangkan bisnis mereka disaat mereka telah mencapai target dan tujuan mereka sehingga bisnis mereka tidak mengalami perkembangan. Saran saya, untuk terus melaju dalam dunia bisnis online, anda harus terus memiliki rencana dan terget, ketika anda sudah mencapai kesuksesan baik tujuan maupun target, di sinilah anda harus menentukan tujuan dan terget baru tanpa melupakan tujuan awal anda dalam terjun ke dunia bisnis online.

Kesimpulan
Dari beberapa poin yang sudah saya sebutkan di atas menggambarkan, bahwa dalam menjalankan bisnis online tidaklah semudah yang kita bayangkan dimana secara umum orang bisnis itu hanya menjual-menjual dan menjual. Namun dalam dunia bisnis online anda di haruskan untuk menjalani dan menguasai 10 poin di atas untuk sukses menjalankan bisnis anda dan untuk terus mengembangkannya. Saran saya, berhati-hatilah dengan bisnis yang menawarkan hasil yang tidak masuk akal, jangan mudah tergiur. Karena semua itu tetap membutuhkan proses.

Demikian artikel kali ini mengenai panduan tepat belajar bisnis online untuk pemula. Akhir kata dari saya, terimaksih telah membaca artikel sederhana di atas. Salam sukses untuk kita semua :)


EmoticonEmoticon