Monday 13 June 2016

Mencari Uang Dari Internet itu Mudah, Gak Percaya?!

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Mencari Uang Dari Internet itu Mudah, Gak Percaya?!, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Bisnis. Artikel Bisnis.

Mencari Uang Dari Internet itu Mudah, Gak Percaya?!

Advertisement
Cara mencari uang dari internet gratis tanpa modal - Wow judulnya, cukup menggiurkan ya, padahal cara mendapatkan uang dari internet itu sendiri tidaklah semudah seperti yang kita pikirkan, pasalnya semua itu tetap butuh proses belajar dan kesabaran. Sebelumnya saya ingin menginformasikan, pada artikel sebelumnya saya sudah membagikan artikel yang berjudul panduan tepat belajar bisnis online untuk pemula. Bagi anda yang belum membacanya, atau mungkin anda ingin belajar menekuni bisnis online, silahkan baca terlebih dahulu artikel tersebut. Baiklah, mari kita mulai membahas judul di atas yakni cara mencari uang dari internet untuk pemula.

Akhir-akhir ini banyak orang yang berebut dalam mencari informasi mengenai cara mencari/ mendapatkan uang dari internet, baik yang gratis tanpa modal ataupun yang harus berbayar, pasalnya di zaman yang serba canggih dan tingkat mobilitas tinggi seperti saat ini media internet bukan hanya sebagai media mencari informasi saja, namun juga banyak yang mulai berbondong-bondong merintis bisnis barunya melalui media internet dimana yang sering kita sebut sebagai bisnis online. Sebenarnya banyak cara yang bisa anda tempuh dalam mencari uang dari internet, namun mungkin belum pernah terpikirkan oleh kita, atau mungkin karena kita belum tau seperti apa proses dan alurnya.

Bisnis Online

Namun kenyataannya, banyak juga informasi-informasi menyesatkan yang ada di media internet. Saran saya, berhati-hatilah ketika anda hendak mencari informasi ataupun hendak memulai bisnis online. Jangan mudah terayu oleh penawaran-penawaran yang menggiurkan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas dan mengupas tuntas mengenai cara mencari uang dari internet. Mari kita mulai! Yuk Fokus!

Cara Mencari Uang Dari Internet

Sebelum anda memutuskan untuk menentukan jenis bisnis online apa yang akan anda jalankan guna mendapatkan uang dari internet, ada baiknya apabila anda bertanya pada diri anda sendiri terlebih dahulu mengenai "Bidang apa yang anda kuasai?!" karena di bawah ini saya akan memberikan beberapa jenis contoh ide bisnis yang bisa anda jalankan secara online. Apa saja, silahkan simak di bawah ini :
  1. Berjualan Secara Online
  2. Menjadi Seorang Blogger
  3. Menjual Produk Berlangganan
  4. Menjual Produk di Pasar Online/ Marketplace
  5. Merubah Hobi dan Kemampuan Menjadi Sesuatu yang Menghasilkan.
  6. Membuka Kursus Online
Agar anda tidak bingung dengan beberapa ide bisnis yang saya sebutkan di atas, silahkan simak penjelasan di bawah, karena saya akan menjelaskan secara rinci dan memberikan gambaran apa saja yang harus dan apa saja yang bisa anda lakukan dengan beberapa contoh ide bisnis di atas. Baik langsung saja.!!!

1. Berjualan Secara Online

Ide bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang sedang ramai di media internet, yakni menjual barang atau produk secara online.

a. Menjual Produk Sendiri
Bagi anda para pelaku bisnis terutama bisnis offline, anda pernah g sih terbesit dalam pikiran anda untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan menjual produk anda secara online? Apabila anda belum pernah mencoba, anda bisa memulainya dari sekarang untuk mencoba memasarkan barang hasil produksi ataupun jasa anda secara online.
Tapi saya tidak punya produk atau barang yang bisa saya jual. Belum lagi modalnya. Lantas apa yang bisa saya lakukan?
Tenang, anda tidak perlu bingung memikirkan persoalan itu, karena untuk menjual barang/ produk secara online itu tidak harus hasil dari produksi sendiri. Lantas barang dari mana? Simak penjelasan di bawah ini apa saja yang harus anda lakukan.

b. Menjalankan sistem Dropshipper
Bisnis Dropship merupakan sistem penjualan dimana anda dapat menjual suatu produk tanpa harus memiliki stock barang yang akan anda jual. Enaknya dalam menjalankan bisnis jenis ini yaitu, anda bisa menentukan sendiri berapa besar kecilnya keuntungan yang akan anda dapatkan. Peran anda dalam menjalankan bisnis ini yakni sebagai pemasar produk. Cara kerjanya/ alurnya seperti ini, ibaratkan anda sebagai dropshipper:
Supplier --> anda selaku dropsipper memasarkan produk --> anda menjalin komunikasi dengan calon pembeli --> setelah terjadi deal --> si pembeli menransfer sejumlah uang kepada anda --> keuntungannya anda ambil --> anda menransfer uang ke supplier sesuai harga barang yang dari supplier --> setelah itu pihak supplier akan mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli.
Untuk mendapatkan supplier, anda bisa googling di internet. Namun saran saya, hati-hati dalam memilih/ menentukan calon supplier. Dan kalau bisa, sebelum anda langsung menjual barang di media online ada baiknya apabila anda membeli beberapa produk barangnya tersebut guna mengetahui kualitas dari barang itu sendiri.

c. Mengikuti Program Affiliasi
Apa itu program affiliasi? affiliate program merupakan jenis pemasaran berbasis makelar, dimana anda menggunakan produk orang lain/ perusahaan untuk anda jual, yang kemudian anda akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap barang yang berhasil anda jual tersebut. Besar keuntungannya berapa mas? Program affiliasi sangat berbeda dengan sistem dropship, dimana apabila bisnis dropship anda bisa menentukan sendiri berapa besar keuntungan yang akan anda dapatkan, namun apabila program affiliasi besar kecilnya komisi akan di tentukan oleh pihak penyedia layanan. Biasanya besarnya komisi sekitar 3-10% dari harga barang yang berhasil anda jual.
Dimana saya bisa mengikuti program tersebut?
Silahkan anda googling dengan kunci affiliate program ataupun affiliasi program. Akan adanya banyak hasil yang akan anda jumpai mengenai penyedia program affiliasi.
Dimana saya bisa menjual barang-barang tersebut?
Banyak sekali cara dan media yang dapat anda gunakan, beberapa di antaranya dengan blog/ membuat toko online, media sosial bahkan anda juga dapat memanfaatkan aplikasi perpesanan seperti halnya BBM, Whatsapp dll.

Baca juga : Cara Membuat Blog dengan Blogger

2. Menjadi Seorang Blogger

Waduh, emang seorang blogger bisa menghasilka uang ya mas? Eits, jangan salah lho ya. Meskipun terlihat tidak meyakinkan, namun ini juga salah satu jenis bisnis yang bisa anda jalankan guna mendapatkan uang dari internet. Selain bisnis ini bisa di katakan bisnis yang terbilang santai, namun anda juga harus tetap belajar.
Memang bagaimana caranya seorang blogger menghasilkan uang dari aktivitas bloggingnya?

Banyak cara yang dapat di lakukan oleh seorang blogger untuk mendapatkan penghasilkan dari blog mereka. Beberapa di antaranya akan saya seburkan di bawah ini.

a. Content Publisher
Apa itu content publisher? Content Publisher merupakan seseorang yang memberikan konten bermanfaat kepada pengguna internet secara konsisten di website/ blog mereka, baik itu konten berbentuk teks, video ataupun audio. Salah satu cara menghasilkan uang dari konten Anda di internet adalah dengan memasang iklan PPC (pay per click) di konten tersebut.

Apa itu program pay per-click? Program pay per-click yakni sebuah program atau metode bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan lewat jaringan internet dimana nantinya pemilik situs (website atau blog) yang masuk dalam program tersebut akan mendapatkan uang dari setiap klik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung yang datang. Jadi semakin banyak pengunjung yang melakukan klik maka akan semakin besar pula kesempatan Anda (pemilik situs) untuk mendapatkan penghasilan.

b. Menjual Ruang Iklan di Blog
Menjual ruang iklan di blog menjadi cara lain untuk mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog. Bagaimana tidak, secara tidak langsung anda telah menawarkan jasa periklanan bagi mereka khususnya yang memiliki bisnis dan ingin mempromosikan bisnis/ produknya di blog kita dengan cara memasang iklan. Metode ini merupakan metode yang pasti, karena kita selaku pemilik blog dapat menentukan sendiri berapa harga per-ruang iklan, biasanya harganya beragam sesuai dengan ukuran iklan.

c. Menjual Barang Secara Online
Poin ini seperti halnya poin nomor 1 di tadi, yakni memanfaatkan blog untuk media berjualan secara online. Baik nantinya yang akan anda jual adalah produk sendiri, mengikuti bisnis bersistem dropship ataupun dengan mengikuti program affiliasi.

d. Menjual Jasa
Apabila anda memiliki hoby ataupun keahlian, katakanlah anda hoby menulis dan juga desain. Anda bisa menjual tulisan-tulisan ataupun hasil karya desain anda secara online. Banyak situs-situs yang bisa anda temukan untuk menjual hasil karya anda.

3. Menjual Produk Berlangganan

Produk apa sih mas? Dan gimana caranya? Produknya beragam, bisa dalam bentuk artikel tutorial/ panduan, aplikasi atau software, forum dengan keanggotaan dan masih banyak lagi. Sebagai contoh seperti ini, "anda berhasil membuat aplikasi/ software, katakanlah aplikasi A dengan Versi 1.00 . Nah kemudian anda bisa saja menjual aplikasi tersebut beserta versi-versi berikutnya dimana untuk memperoleh versi selanjutnya itu sendiri sang pengguna harus membelinya kembali kepada anda.

4. Menjual Produk di Pasar Online/ Marketplace

Cara ini juga tidak kalah populer seperti halnya poin nomor 1 tadi di atas. Cara kerjanya sama, namun anda menjualnya di pasar online. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang tidak mau ribet dalam membuat toko online, karena anda disana hanya tinggal membuka lapak dan menentukan nama toko anda dan selanjutnya anda bisa langsung berjualan di sana. Next poin selanjutnya...

5. Merubah Hobi dan Kemampuan menjadi Sesuatu yang Menghasilkan

Maksudnya gimana mas? Ya yang jelas merubah semua yang jadi Hoby dan Kempampuan anda menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Memangnya bisa? Gimana caranya? Perhatikan beberapa contoh di bawah ini.

a. Hoby Memotret/ Photografi
Pernah nggak sih anda berpikiran untuk menjual hasil karya photografi anda? Coba sekarang anda bayangkan, anda memiliki teman katakanlah namanya A. Kemudian hoby si A adalah blogging. Suatu saat ketika si A membuat artikel di dalam blognya dengan topik cara bermain piano, sudah jelas si A membutuhkan gambar ilustrasi seseorang yang sedang bermain piano.
Bukannya mencari foto orang yang sedang bermain piano di internet bisa kita dapatkan?
Ya tentu saja banyak, namun apakah anda tau bahwa foto itu memiliki hak cipta atau tidak? Sedangkan foto yang di unggah di dalam blog sebagai gambar ilustrasi di haruskan foto yang original atau bebas dari hak cipta. Maka dari itu, anda bisa saja menjualnya kepada si A. Cara menjualnya anda bisa menjual sendiri dengan membuat blog/ website galery. Namun apabila anda tidak mau di repotkan, anda bisa menjualnya secara online. Dimana itu? Silahkan anda googling dengan kata kunci tempat menjual foto online.

b. Hobi Merekam Video
Yang satu ini merupakan salah satu cara yang sedang populer untuk mendapatkan uang dari internet yakni dengan menjadi youtuber. Pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda dengan keberadaan youtube di internet. Namun apakah anda sadar bahwa mereka-mereka yang sering mengunggah video mereka di youtube/ youtuber bisa menghasilkan uang? Jawabannya bisa! Giman caranya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Bayangkan anda adalah seorang yang suka merekam video. Setelah anda merekam, anda bisa saja mengunggah video-video anda tersebut ke youtube. Terus gimana biar semua itu bisa menghasilkan uang? jawabannya dengan mengikuti program PPC/ Pay per-Click seperti yang saya sebutkan tadi di atas. Anda bisa memonetization video anda dengan mengikuti Program PPC dari google yakni Google Adsense.

Baca juga : Cara Mendapatka Uang dari Youtube

Namun agar anda bisa memonetization video anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam video anda, yakni anda harus mengikuti kebijakan-kebijakan google adsense. Lebih jelasnya bisa anda baca disini : Kebijakan AdSense untuk video dan game

c. Hobi Menulis Artikel
Apabila anda memiliki hobi menulis, ini merupakan salah satu cara yang bisa anda jalankan guna memperoleh penghasilan dari tulisan-tulisan anda. Gimana caranya mas? Ya pastinya anda pernah mendengar istilah freelancer/ pekerja lepas. Maka anda bisa saja menjadi penulis lepas agar apa-apa yang anda tulis bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan. Dimana saya bisa mengikutinya? Silahkan anda googling dengan kata kunci situs freelance terbaik.

Itulah beberapa contoh hoby ataupun kemampuan yang bisa anda manfaatkan guna mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya masih banyak lagi, namun saya akan coba jelaskan di lain waktu. Next poin selanjutnya...

6. Membuka Kursus Online

Sebenarnya poin ini hampir sama dengan poin nomor 3 dan nomor 5. Yakni menjual materi berlangganan dan juga sekaligus merubah kemampuan menjadi sesuatu yang menghasilkan. Bagaimana caranya mas? Contohnya seperti apa? Simak di bawah ini!

Biasanya kursus online di buka secara keanggotaan, jadi mau tidak mau anda harus membuka forum yang berbasis keanggotaan berbayar. Maksudnya gimana mas? Ya berarti hanya orang-orang yang membayar yang bisa mengakses semua isi yang ada dalam forum anda.  Contohnya simak di bawah ini!

Katakanlah anda memiliki kemampuan dalam bermain piano, maka anda bisa saja membuka forum/ website yang di dalamnya berisikan panduan/ tutorial lengkap dalam belajar bermain piano, yakni mulai pengenalan dasar-dasarnya hingga teknik-teknik dalam belajar bermain piano. Namun hanya orang-orang yang telah membayarlah yang bisa mengakses semua panduan-panduan tersebut.

Itulah beberapa contoh yang bisa anda jalankan guna mencari uang dari internet. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa anda lakukan, namun saya akan mencoba menjelaskannya di lain waktu.

Demikian artikel kali ini mengenai cara mendapatkan uang dari internet. Bagi anda yang ingin menambahkan, bertanya atupun memberikan koreksi seputar artikel di atas silahkan tingalkan dalam kotak komentar. Akhir kata dari saya terima kasih telah membaca artikel yang sederhana di atas. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua :)


EmoticonEmoticon