Tuesday 14 June 2016

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara Membuat Blog dengan Blogger, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Belajar Ngeblog. Artikel Teknik Blogging. Artikel Tutorial Blog.

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Advertisement
Cara membuat blog - Halo sobat Blog Siabdi, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tutorial mengenai cara membuat blog menggunakan platform blogger. Sebelumnya saya telah membagikan kiat-kiat dalam menjadi blogger handal dan profesional. Bagi anda yang ingin membaca artikelnya silahkan cari melalui kotak pencarian dengan kata kunci blogger handal. Okelah, langsung saja kita fokus ke dalam judul di atas.

Artikel ini saya tujukan bagi anda-anda yang masih akan terjun dan menekuni dunia blogging, namun apabila ada teman-teman yang sudah senior ingin membaca dan mengkaji ulang tulisan ini saya persilahkan guna memperbaiki kekurangan yang ada pada artikel di bawah ini mengenai cara membuat blog menggunakan layanan blogger. Bagi anda yang masih bingung dalam membuat blog, anda tidak perlu bingung lagi karena pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan secara rinci mengenai cara membuat blog.

Cara Membuat Blog dengan Blogger

Cara Membuat Blog dengan Blogger

1. Pertama, Silahkan anda masuk ke akun google anda, apabila anda belum memiliki akun google, silahkan mendaftar terlebih dahulu melalui alamat berikut : gmail.com . Namun apabila anda masih kebingungan dalam mendaftar akun google, silahkan baca artikel cara mudah membuat akun email dengan gmail.

2. Setelah anda berhasil membuat akun google dan login ke akun google anda. selanjutnya silahkan anda menuju halaman blogger dengan mengunjungi alamat berikut : Blogger

3. Kemudian silahkan anda pilih opsi "Buat profil Google+"

4. Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman pembuatan profil google+ anda. kemudian silahkan pilih "Tingkatkan"

5. Selanjutnya silahkan isi kolom-kolom yang tersedia dengan data diri anda. dan setelah semuanya selsesai silahkan pilih lanjutkan.

6. Setelah langkah nomor 5 anda jalankan, selanjutnya anda akan di bawa kehalaman dashboard blogger. perhatikan gambar di bawah ini.


Keterangan angka pada gambar :
1. Langkah pertama silahkan tekan tombol nomor 1 sesuai gambar di atas yaitu "Blog Baru"
2. Gambar nomor 2 merupakan bagian Nama Blog anda.
3. Gambar nomor 3 merupakan tempat dimana anda menentukan alamat blog anda.
4. Gambar nomor 4 merupakan template/ tampilan tema blog anda
5. Gambar nomor 5 merupakan tombol untuk mengakhiri proses pembuatan blog.

Catatan : Saran saya, dalam menentukan nama blog dan juga alamat blog buatlah nama dan alamat blog yang unik namun mudah di ingat dan jangan terlalu panjang.

Sampai disini anda sudah berhasil membuat blog, cukup sederhana dan cukup mudah bukan? Setelah anda berhasil membuat blog, Selanjutnya mari kita masuk ke cara membuat/ menulis artikel di blog.

Cara Membuat Artikel di Blogger

Untuk membuat artikel perdana di blog anda caranya cukuplah mudah, seperti halnya ketika anda menulis pesan melalui email. Namun apabila sobat masih kebingungan, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

1. Silahkan klik pada nama blog anda
2. Langkah selanjutnya anda akan di bawah ke halaman dashboard blog anda, untuk memulai membuat artikel, silahkan ketuk gambar pensil pada bagian pojok kiri atas. atau anda juga bisa menggunakan tombol "Entri Baru".

3. Kemudian anda akan di hadapkan pada halaman editor/ halaman dimana anda akan membuat artikel. Perhatikan gambar di bawah ini agar anda tidak di bingungkan dengan sekian banyaknya menu yang ada.


Keterangan bagian yang saya beri angka :
- Angka nomor 1 : Untuk pemula silahkan pilih mode Compose
- Angka nomor 2 : Judul artikel anda
- Angka nomor 3 : Menu untuk mengedit font, warna, upload foto dll
- Angka nomor 4 : Tempat untuk menulis artikel
- Angka nomor 5 : Tombol untuk mempublikasikan artikel anda
- Angka nomor 6 : Tombol untuk menyimpan artikel anda ke draft
- Angka nomor 7 : Tombol untuk melihat hasil postingan anda sebelum di publikasikan
- Angka nomor 8 : Tombol untuk keluar dari halaman artikel.
- Angka nomor 9 : Kolom pemberian label/ kategori artikel anda
- Angka nomor 10 : Waktu dan tanggal artikel di tulis
- Angka nomor 11 : Tautan permanen, untuk mengatur alamat link artikel anda
- Angka nomor 12 : Lokasi anda menulis artikel/ Gak wajib di isi
- Angka nomor 13 : Pilihan lainnya

Itulah cara dalam membuat artikel di dalam blog. saran saya, dalam membuat artikel buatlah artikel yang berkualitas, memang hasil karya sendiri bukan dari copy paste artikel orang lain dimana nantinya anda akan di cap sebagai blogger flagiat oleh teman-teman blogger lainnya. Baiklah, setelah anda berhasil membuat artikel perdana anda, selanjutnya cara untuk membuat halaman statis.

Cara Membuat Halaman Statis di Blog

Mungkin teman-teman ada yang bertanya-tanya, apa perbedaan halaman posting dengan halaman statis.? Berikut ini perbedaan yang dapat kita ketahui :

Posting :
  • Ditampilkan di halaman depan blog
  • Memiliki label, tanggal publish dan author
  • Diarsipkan berdasarkan tanggal publish
  • Dikhususkan untuk konten yang sering diupdate
  • Menggunakan format URL permalink seperti ini : http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/nama-post.html
Laman
  • Secara default tidak ditampilkan di halaman depan blog
  • Tidak diarsipkan berdasarkan tanggal publish
  • Tidak memiliki label, tanggal publish dan author
  • Dikhususkan untuk konten yang jarang diupdate
  • Menggunakan format URL permalink seperti ini : http://namablog.blogspot.com/p/nama-laman.html
  • Halaman statis biasanya untuk menuliskan seperti halaman kontak, disclaimer, TOS dll. 
Cara pembuatannya sebagai berikut :
1. Silahkan masuk pada menu "laman" kemudian silahkan pilih laman baru.
2. Setelah itu silahkan buat judul dan silahkan masukkan tulisan anda pada halaman tersebut.
3. Setelah anda memberikan judul dan telah mengisi halaman tersebut dengan konten anda, langkah selanjutnya silahkan publikasikan.

Itulah cara untuk membuat halaman statis pada blog sobat. Selanjutnya, mari kita mengenal menu-menu yang ada dalam blog. yuk simak...

Mengenal Menu-menu yang Ada dalam Blogger

Setelah sobat berhasil dalam membuat artikel dan membuat halaman statis, berikutnya sudah saatnya anda saya kenalkan dengan apa-apa saja menu yang ada dalam blog dan fungsinya. perhatikan gambar di bawah ini.


Penjelasan dari menu-menu di atas sebagai berikut :
1. Tombol �Entri baru� :Tombol untuk membuat postingan atau artikel baru

2. Ikhtiar : Pada menu ini anda dapat melihat statistik ringkas blog, seperti jumlah pengunjung, jumlah postingan, jumlah komentar yang masuk, jumlah pengikut, dll.

3. Pos : Menu untuk menampilkan daftar semua artikel yang ada di blog

4. Laman : Menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar Halaman statis yang ada di blog

5. Komentar : Menu untuk menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog

6. Google+ : Menu untuk mengintegrasikan blog dengan profil Google+

7. Statistik : Menu untuk menampilkan statistik lengkap blog, seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dsb.

8. Kampanye : Menu ini khusus buat sobat yang ingin mempremosikan blog sobat melalui Google AdWords namun fasilitas ini berbayar.

9. Tata Letak : Di sini adalah tempat untuk mengatur tata letak blog dan juga tempat untuk memasang widget blog seperti widget artikel populer, atau widget pengikut.

10. Template : Di sini adalah tempat untuk mengganti template atau tema blog. Selain itu juga bisa mengedit langsung template blog pada menu ini. Selengkapnya baca disini : Cara mengganti template blog.

11. Setelan : Tempat pengaturan blog. Jika sobat ingin mengganti judul blog, mengganti alamat, atau mengganti bahasa blog maka menu ini adalah tempatnya.

Itulah pengenalan dasar mengenai menu-menu yang ada dalam halaman dashboard blogger anda. Selanjutnya saya akan mengenalkan kepada anda mengenai cara membuat atau memasang widget di blog.

Cara Memasang Widget di Blog

Widget itu bagian yang mana sih mas? Dan kegunaannya untuk apa? Widget merupakan sebuah konten di dalam blog selain postingan dari blog itu sendiri. Widget ini biasanya berada di bagian sidebar blog. Widget ini bisa anda pasang dan juga bisa anda hapus. Cara pemasangganya sebagai berikut :
1. Silahkan anda masuk ke menu tata letak
2. Silahkan pilih "add gadget/ tambahkan gadget.
3. Kemudian silahkan pilih widget yang akan anda pasang sesuai dengan selera anda.

Itulah cara dalam menembahkan widget pada blog anda. Saya rasa cukup sampai disini artikel kali ini mengenai cara membuat blog dari A sampai Z serta pengenalan dasar-dasar blog, selebihnya bisa anda cari dalam artikel saya yang lainnya yang terdapat dalam blog ini. Gunakan kolom pencarian blog siabdi untuk menemukan artikel ataupun tutorial yang anda cari. Akhir kata dari saya, terimakasih telah mengunjungi halaman blog siabdi. Semoga artikel yang sederhana di atas dapat bermanfaat. Happy blogging dan selamat berkarya :)


EmoticonEmoticon