Saturday 25 June 2016

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas 4 Cara Mempercepat Koneksi Internet, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Internet.

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Advertisement
Cara untuk mempercepat koneksi internet - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara untuk mempercepat koneksi internet anda, jujur saja saya juga menggunakan beberapa metode yang akan saya bagikan di bawah, karena menurut saya kecepatan dalam akses internet cukuplah penting bagi saya dalam menghadapi kemajuan teknologi yang serba digital seperti saat ini. Tentunya pasti akan menjadi suatu hal spele yang menyebalkan ketika di saat-saat penting seperti halnya mengirim file melalui email ataupun hanya sekedar browsing namun koneksi internet anda lelet seperti bekicot, ya karena saya pribadi juga mengalami hal tersebut sebelumnya. Maka karena itu saya ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan dalam mempercepat koneksi internet.

Cara yang akan saya bagikan di bawah merupakan cara ampuh untuk mempercepat koneksi internet anda, mengapa saya ketakan demikian, ya tentunya karena saya sudah membuktikannya sendiri dalam aktivitas keseharian saya yang selalu berkecimpung dengan dunia internet baik dalam pekerjaan maupun hanya aktifitas blogging. Namun sebelum saya membagikan cara tersebut, saya akan memberikan sedikit tips guna menunjang kecepatan koneksi internet sobat. Apa saja? Yuk simak :)

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet

Penunjang Kecepatan Akses Internet

1. Gunakan Modem yang Kompeten
Tanpa anda sadari, modem juga merupakan salah satu perangkat yang paling berperan penting dalam koneksi internet. Mengapa demikian? Coba bayangkan, saat ini jaringan internet sudah mencapai 4G. Apabila anda masih menggunakan modem GSM yang hanya menunjang jaringan 2G/ Edge. Saran saya ada baiknya apabila anda mengganti modem anda dengan modem yang dapat mengakses jaringan 3G ataupun 4G.

2. Gunakan Provider/ Penyedia Layanan yang Handal
Hal berikut juga dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet anda. Silahkan gunakan layanan yang dapat anda andalkan untuk membatu anda dalam mengakses internet. Perhatikan juga seberapa banyak penggunanya. Kalau bisa pilihlah salah satu provider yang belum ramai di pakai, mengapa demikian? Saya akan memberikan gambarannya.

Ibaratkan sinyal seperti 1 buah apel dan ada 2 orang yang ingin memakannya. 1 buah apel apabila di bagi 2 per orangnya akan mendapatkan jatah 1/2 buah apel, namun apabila yang ingin memakannya ada 4 orang, per orangnya tinggal mendapatkan jatah sekitar 1/4 buah apel. Bisa anda bayangkan? Saran saya, jangan mudah tergiur dengan yang namanya akses internet murah, karena harga tidak bisa bohong. Hehehe....

3. Gunakan Perangkat yang Berteknologi Tinggi
Saran dari saya yang terakhir yaitu gunakanlah perangkat baik itu gadget maupun komputer yang berteknologi tinggi. Mengapa saya katakan demikian, ya seperti halnya tips pada nomor 1 di atas. Gunakan mendapatkan layanan yang terbaik dan up to date. hehehe...

Itulah 3 tips sederhana yang dapat anda perhatikan yang bisa menunjang kecepatan akses internet anda. Berikutnya saya akan memberikan cara mempercepat akses internet via komputer/ laptop. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini :

Cara untuk mempercepat koneksi internet

A. Cara mempercepat koneksi internet menggunakan Command Prompt
1. Langkah pertama, silahkan anda masuk ke command prompt pada komputer/ laptop anda, caranya tekan tombol shortcut Windows+R
2. Setelah anda di hadapkan pada layar hitam cmd.exe, silahkan ketikan "ipconfig" (tanpa tanda kutip).
3. Silahkan cari alamat DNS anda, pada kasus ini kita ibaratkan alamat DNS server kita 8.8.4.4
4. Kemudian, ketikkan pada cmd.exe "ping -l 50000 8.8.4.4 -t" dan kemudian silahkan tekan enter.
Keterangan : Penulisan pada cmd.exe tanpa tanda kutip, dan ganti angka 8.8.4.4 dengan DNS server anda.
5. Biarkan cmd.exe tetap berjalan, anda tidak perlu menutupnya namun anda bisa meminimize cmd.exe tersebut.

B. Mempercepat Koneksi Internet dengan Merubah Setting Bandwidth
1. Langkah pertama. Klik Start pada komputer Anda.
2. Kemudian silahkan pilih Run > lalu ketikkan gpedit.msc pada kolom yang disediakan, selanjutnya silahkan klik OK.
3. Setelah itu silahkan pilih Komputer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler.
4. Langkah selanjutnya, silahkan Double Klik pada menu Limit Reservable Bandwidth
5. Kemudian pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), kemudian silahkan klik OK.
6. Langkah terakhir silahkan restart komputer anda dan lihat hasilnya :)

C. Mempercepat Koneksi Internet dengan Merubah DNS Komputer
Gantilah konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Cara ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda hingga 20% dari kecepatan semula.

+ Dengan Menggunakan open DNS seperti berikut :
1. Buka Control Panel Komputer Anda
2. Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
3. Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
4. Ubah DNS > Prefered DNS: 208.67.222.222 > Alternate DNS: 208.67.220.220
5. Lalu klik Ok

+ Dengan Menggunakan DNS dari Google seperti berikut:
1. Buka Control Panel Komputer Anda
2. Pilih Network and Internet > Network and Sharing Center > Local Area Connection
3. Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
4. Prefered DNS Server: 8.8.8.8
5. Alternate DNS Server: 8.8.4.4

D. Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengaktifkan DNS Cache
1. Buka Notepad
2. Copy kode berikut ini ke dalam notepad :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

3. Simpan notepad tersebut dengan nama dnscache.reg
4. Untuk mengaktifkan DNS Cache, double klik pada file dnscache.reg tadi.

Itulah cara sederhana yang dapat anda terapkan untuk mempercepat koneksi internet anda. Semoga artikel yang sederhana dapat bermanfaat bagi anda. Apabila anda masih menemukan kebingungan anda bisa meninggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba :)


EmoticonEmoticon