Monday 27 February 2017

Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tips Blogger.

Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot

Advertisement
Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot - Googlebot seperti halnya software robot crawler lainnya menuruti perintah-perintah secara eksplisit diletakan di File robot.txt di folder root web server anda.

Di file robot.txt ini, anda juga bisa memerintahkan robot untuk meng-crawl bagian tertentu dari suatu halaman dan dapat melanggar menjamah bagian lainnya atau file tertentu.


Selain melalui File robot.txt, anda bisa juga mengatur perilaku Googlebot melalui dari tag meta di masing-masing file halaman web/blog anda.



Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot


Misalnya jika anda ingin halaman tertentu tidak dijamah oleh Googlebot, anda dapat mengetikkan tag meta seperti berikut di bagian head di antara tag <head> dan </head>:

 <meta name="googlebot" content="noindex"> 

Anda juga bisa melarang Googlebot membuka halaman tertentu. Biasanya pelarangan ini untuk halaman-halaman yang update kontentnya cepat sehingga anda meng-khawatirkan ada kesalah pahaman pengunjung jika berpatok pada hasil pencarian Google dan tidak langsung melihat dangan mata kepala sendiri.


Misalnya anda sendiri ingin agar pengunjung mengunjungi halaman daftar nilai tukar rupiah dengan dollar secara langsung dan tidak mencarinya menggunakan search engine Google, anda bisa melarang Googlebot menghindari halaman tersebut dengan memberi kode berikut dalam tag <head>.
 <meta name="googlebot" content="nofollow"> 

Jika anda tidak ingin Google menampilkan snippet/cuplikan teks dari halaman anda di bawah judul halaman, anda bisa mengatur opsi nosnippet menggunakan kode berikut di dalam tag <head>.

 <meta name="googlebot" content="nosnippet"> 


Dalam kondisi standar, ketika mengindeks situs anda Google otomatis menyimpan cache (di bahasa indonesia terjemahan sebagai tembolok, entah dari mana penerjemah Google indonesia ini mendapatkan kata ini), atau tampilan asli. Tampilan cache biasanya sudah lama dan karena itu tidak muthakir lagi. Untuk itu sobat blogger bisa memerintahkan Googlebot tidak mengambil cache di website/blog sobat dengan mengklik kode berikut di tag meta :

 <meta name="googlebot" content="nocache"> 


Kode-kode di atas tersebut bisa anda combo sekaligus. Misalnya anda ingin melarang googlebot mengambil cache di sekaligus snippet, anda bisa memberikan URL berikut di halaman :

 <meta name="googlebot" kontent="nocache, nosnippet">  


Selain menggunakan peraturan perhalaman, anda juga bisa mengatur menggunakan file robot.txt untuk mengklik URL dari Robot Exclusion Standard di alamat dibawah ini :

 www.robotstxt.org/wc/norobots.html  


Standard tersebut menjelaskan bagaimana robot diperbolehkan dan dilarang menjamah bagian-bagian tertentu di sebuah situs.



Untuk membuat file robot.txt sangat mudah, anda hanya perlu membuat file teks murni menggunakan Notepad di Windows atau Gedit di linux, kemudian mengisikan kode-kode yang perlu dimasukan dan menyimpan di folder root dari website dengan nama robots.txt.




Isi file robot.txt sangatlah sederhana. Halaman pertama menjelaskan robot mana yang ingin anda ajak bicara ( Misalnya Googlebot ). Jika ingin memerintahkan semua bot, anda bisa menggunakan tanda wildcard/arterisk(*).




Misalnya jika tidak ingin Googlebot memasuki website/blog sobat secara keseluruhan, anda bisa mengisikan teks berikut :

User-agent: GooglebotDisallow:/
Kode diatas artinya, "Semua robot dengan nama sesuai (User-agent) Googlebot tidak boleh berada di situs ini, maksudnya apa-apa yang ada di dalam root (/) situs."



Apabila misalnya anda ingin membuat Googlebot menjauhi folder data misalnya, anda bisa mengisikan kode berikut :




User-agent: GooglebotDisallow:/data
Artinya : "Googlebot! Menjauhlah dari direktori /data di website ini".

Anda juga bisa memerintahkan googlebot untuk menjauhi tipe-tipe file tertentu melalui file robot.txt dengan mengetikan kode berikut :
User-agent: Googlebot
Disallow:/*.gif
Disallow:/*.jpg
Disallow:/*.png
Untuk menerapkan aturan pada semua robot, anda perlu mengganti nama user-agent menjadi (*).
User-agent:*
Disallow:/
Baca Juga : Cara Optimal Blog Loading Super Cepat dan SEO Friendly

Demikian artikel  Cara SEO Mengatur Perilaku Googlebot. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman, terimakasih.


EmoticonEmoticon