Saturday 3 December 2016

100% TIPS Wajib Dilakukan Webmasters Untuk Optimasi Blog

Selamat datang kembali di Demo IdBoegis, Blog yang membahas seputar Tips Adsense, Tips Komputer, Tutorial Blog, SSH Gratis, Tips Youtube, Tips Smartphone dan informasi internet lainnya.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas 100% TIPS Wajib Dilakukan Webmasters Untuk Optimasi Blog, Postingan ini masih berhubungan dengan Artikel Tips and trick. Artikel Tips Blogger.

100% TIPS Wajib Dilakukan Webmasters Untuk Optimasi Blog

Advertisement

100% Wajib Dilakukan Webmasters Untuk Optimasi Blog

Hal yang wajib Optimasi SEO (Search Engine Option). tentunya kita semua seoarang webmasters atau pengelolah web/blog sudah menjadi makanan yang wajib di konsumsi setiap hari karena SEO inilah kita bisa mendapatkan banyak keuntungan sesuai dengan tujuan web/blog dibuat

SEO memegang peranan yang sangat penting bagi sebuah blog untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, ya walaupun pengunjung datang itu bukan hanya dari mesin pencari, tergantung jenis web itu sendiri, misalnya seperti situs raksasa seperti Facebook ataupun Twitter tentunya ngga terlalu butuh optimasi SEO, tapi peringkat mereka tinggi, itu karena pengunjung menggunakan secara langsung lewat aplikasi.

Situs yang tidak butuh optimasi SEO  itu seperti sosial media, forum, web berita, blog berisi komik, cerpen atau cerita pribadi. itu hanya butuh promosi selain SEO saja.

Untuk menunjang agar lebih ramah terhadap mesin pencari seperti Google, Bing/Yahoo, Ask, itu kita perlu sedikit sntuhan agar bisa bersaing dengan yang lainnya, jadi tidak bisa kita biarkan begitu saja menulis dengan yang lainnya, jadi tidak bisa kita biarkan begitu saja seperti menulis novel ataupun menulis cerpen. Karena mereka menggunakan bot yang digunakan sebagai alat untuk mengcrawl setiap alaman setiap bagian alam artikel dan bagaimana susunannya tersebut.

Nah langsu saja dibawah memberikan perihal kepada kalian tentang optimasi SEO dalam hal yang wajib dilakukan webmasters.

10 Dasar Optimasi SEO Blog Yang Paling Penting

Jadi bagi kalian semua yang bilang pemula soal ini, Anda bisa menyimak dan juga mempraktikannya siapa tahu bermanfaat bagi anda. Ini hanya panduan dasar, bagi kalian yang sudah Mastah/Expert tentang optimasi SEO, ini tentunyasudah jadi makanan sehari-hari kalian.

Untuk mengetahui ke sepuluh hal tersebut silakan simak pembahasannya.

1. Riset Keyword

Riset Keywoard itu sangat penting, ya minimal yang pencarian perbulannya tinggi namun persaingan rendah. Dengan reset keywoard kita bisa memiliki pengunjung yang tepat sehingga itu akan menguntungkan kita sendiri.

Coba aja kalo tidak menggunakan riset kata kunci. alias asal-asalan, pasti pengungjung gak ada nyari blog kita. Saya dulu pernah punya blog dengan lebih dari 2000 artikel tapi pengunjungnya cuma 1000-2000 itu karena pernah saya reset keywordnya.

Namun sekarang bangun blog dengan penargetan kata kunci, baru 300 artikel saja pengunjung sudah lebih dari 10 kali yaitu antara 25000-30.000 pengunjung perharinya. Lumayan jauh bedahnya bukan?

Kita bisa riset keyword menggunakan berbagi tools. Tapi tools dari AdWords Keyword Planner lebih mantap, karena kita bisa tahu akan harga dan biaya per klik atau perkiraan sesuai dengan HPK High Paying Keyword yaitu Keyword yang memiliki harga lebih mahal dari pada keyword lainnya.

Namun dalam menentukan keyword ini kalian juga harus memperhatikan niche blog yang anda bangun. jadi tidak sembarangan mencari kata kunci. selain itu bila anda tidak ingin membuat blog anda di monetisasi dengan Google Adsense, mencari keyword yang mahal juga gak ada gunanya.

Misalnya Anda gunakan iklan mendiri sebagi alat menghasilkan uang dari blog maka itu tidak perlu kalian reset KW (keyword) harga mahal. Cukup cari kata kunci yang memiliki banyak pencarian populer.

Dengan Riset Keyword yang baik, mesin pencari seperti Google akan lebih Ramah terhadap blog anda. Jadi lebih ada reputasi yang baik.

2. Tentukan topik dan bahasa secara mendalam

Dalam membuat blog memang ada blog niche atau khusus membahas satu jenis tema, ada juga yang membahas banyak tema atau disebut multi niche. Namun blog yang hanya mengandalakan satu tema tentukan akan lebih mudah monetisasi, karena pengunjung lebih tertarget. Misal membahas tentang Moto GP, maka jika iklan yang ditampilkan berhubung dengan Moto GP, ini akan terjadi banyak konversi keuntungan.

Bereda dengan blog gado-gado yang jarang punya pengunjung tetap, hanya memiliki pengunjung dari mesin pencari atau dari sosial media. Jadi apabila pasang iklan sendiri itu jarang terjadi keuntungan yang bersifat menjual suatu produk, karena pengunjung memang tidak suka akan hal itu.

Apabila blog kita memiliki satu topik saja, oleh mesin pencarian unggul karena pendapatan prioritas tersendiri dari blog niche, misalnya blog yang membahas review HP atau tentang cara mengobati pasti jika kalian cari di google itu itu saja kan blog yang muncul. Nah itu merupakan prioritas yang di utamakn oleh google kepada blog yang memiliki blog niche dan reputasi yang baik.

3. Optimasi Pada Nama Domain, Url permalink, Gambar, Heading dan Judul

Ini adalah hubunganya dengan nomor 1 diatas, yang mana setelah kita menemukan kata kunci yang dirasa pas oleh kita, lau kita gunakan pada berbagai tempat dalam artikel kita seperti judul, dalam isi artikel sebagainya.

Ini beberapa penempatanya:

Nama Domain

Misalnya kami ingin membuat blog tentang cara menjahit. Kamu bisa gunakan seperti tutorialjahit.com atau seputarjahit.net gitu. Yang penting ada kata "jahit" yang kamu masukan dinama domain Anda.

Judul

Berikan keyword utama dengan menargetkan long tail keyword. Misal saya menargetkan kata kunci "cara memperbaiki mesin traktor".. Anda bisa menggunakan long tail keyword seperti "cara memperbaiki mesin traktor roda 2 dengan mudah". Ini bisa menjaring pengunjung lebih banyak lagi.

Permalink

Gunakan kata kunci utama pada link Anda. Misal anda menargetkan kata kunci budidayakan Kentang Jepang maka gunakan permalink example.com/budidaya-kentang-jepang.html yang intinya kalian harus meletakkannya di permalink itu kata kuncinya, tapi jangan kepanjangan ya.

Sub Heading

Dalam artikel tentunya akan menemui berberapa contoh atau beberapa hal, nah Anda bisa menggunakan heading H3 dan H2 untuk menuliskannya. Tapi salah satu diantarannya harus disisipi keyword.

Gambar

Bila kalian ingin menginginkan Gambar lebih mudah di temukan di Google images, maka bisa menggunakan tag alt pada gambar dan jangan lupa masukan kata kuncinya di situ.


4. Selalu Update Dengan Konten Berbobot

Google menyukai blog yang memiliki artikel yang update. Sehingga blog itu terkesan segar untuk dinikmati setiap waktu karena selalu ada saja yang bisa di crawl.

Dengan konten berbobot juga membuat pengunjung suka untuk kembali dan selalu rutin mengecek blog kita apakah ada konten yang diperbarui lagi atau tidak.

Konten berbobot biasanya lebih dari 400 kata, karena itu lebih sukai mesin pencarian. Tapi intinya buatlah yang mudah untuk di pahami dan mudah di baca. Jangan bikin panjang penjang tapi hanya bolak balik saja.

5. Membuat Konten Yang Saling Terkait dan Melengkapi

Ini bisa kalian gunakan related post atau bisa menambahkan link terkait secarah manual sehingga mudah untuk di klik orang lain. Dalam satu artikel bisa dari 1-2 link terkait dalam 400 kata. Jadi kalau 1000 kata ya bisa gunakan 3-4 artikel terkait dalam postingan Anda.

Ini tujuannya untuk melengkapi satu sama antar artikel, sehingga bagi pengguna yang belum paham soal ini, bisa langsung melarikan ke artikel terkait, ini juga bisa untuk mengurangi bounce rate blog atau rasio pentalan blog anda.

Dalam perihal SEO, rasio pentalan ini juga di perhitungkan sebagai alat untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap setiap artikel yang kita buat. Jadi semakin kecil rasi pentalan ini, maka itu menandakan bahwa pengunjung semakin betah bertahan lama di blog kita.

6. Gunakan Platform yang SEO

Mungkin kalian bingung bahwa wordpress, joomla, atau blogspot Nah kita lihat dilapangan saja, dalam perihal SEO log dengan wordpress dan blogspot memiliki lebih banyak yang ditampilkan di halaman paling atas. Namun bila kamu gunakan platform lainnya atau juga bisa menggunakan platform lokal seperti blog detik, itu sebenarnya sudah dioptimalkan sebaik mungkin menunjang SEO

intinya kalo perihal SEO semua platform web blog sudah membekalinya dengan performa yang mantap, tinggal kita sendiri yang menggunakan bisa secara seo atau tidak.

Namun bila kamu pemula atau orang yang butuh akan kesedarhanaan. bisa juga menggunakan platform dari google yang gratis yaitu blogspot blogger. Kamu bisa ngeblog dengan mudah simple.

Namu dalam perihal SEO yang lebih lanjut lagi, si wordpress memiliki plugin yang mendukung kita untuk bisa memiliki artikel yang seo friendly. Artinya kita bisa menulis tapi di benarkan oleh plugin tersebut. Platform ini sebenarnya gratis tapi perlu hosting sendiri, jadi lebih terkesan professioanl dari pada platform dari blogger.



7. Gunakan Webmasters dan Plugin SEO

Dalam perihal SEO, mendaftarkan blog ke Google webmasters tools dan Bing webmasters tools adalah kewajiban. Karena kita bisa meletakan sitemap disana bisa mengetahui perkembangan blog kita dan sebagainya. Jadi pastikan blog baru di buat, segera daftarkan blog Anda di webmasters segera.

Selain itu menggunakan plugin pada Wordpress juga penting Loh, Wordpress ini bisa di install di berbagai macam plugin. Namu tentunya semakin banyak yang di install akan semakin memberatkan hosting. jadi gunakan seadanya saja. Namun yang terpenting kalian harus memasukan plugin yang mendukung perihal SEO yang memang sudah terbukti.

Beberapa plugin wordpress yang bisa kalian manfaatkan secara gratis adalah:


  • Yoast WP SEO
  • All In One SEO Pack
  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly images
  • Dan lain-lain
Ini bisa membantu Anda untuk membuat artikel yang seo friendly dan juga akan mengoreksi apabila artikel kalian buat belum masuk SEO friendly.


8. Sosial Media Efek

Jangan pernah lupakan sosial media efek yaa sobb... Anda bisa gunakan dahsyatnya efek yang di timbulkan dari sosial media seperti Facebook, Twitter, atau di berbagai forum diskusi. ini akan membantu mengenalkan blog Anda kepada orang banyak.

Namu jangan sampai spamming dimana mana ya.. apalagi menggunakan tools yang mampu mengirim otomatis ke semua  grup FB. Ini bisa menurunkan reputasi blog kalian perihal SEO. Jadi kalau Facebook kamu bisa buat halaman lalu gunakan untuk berinteraksi dengan penyuka blog Anda.

9. Beri Backlink Berkualitas

Mencari backlink sebenarnya sudah lama sekali di lakukan oleh para webmasters untuk mendaptakan hasil yang maksimal di mesin pencarian terutama di Page Google. Namu demikian, sebenarnya mencari backlink itu tidak bagus kita buat kita karena backlink alamilah yang diinginkan oleh para mesin pencari.

Jadi sekarang dalam optimasi SEO, lebih mengutamakan backlink berkualitas saja yang dijadikan acuan dalam penyusunan algoritma Google. Sedangkan backlink yang didapat dari hasil spamming membuat reputasi reputasi justru down.

Jadi sangat penting bagi kalian untuk memastikan dari mana sumber backlink tersebut berasal. Dan jika itu konten yang tidak senonoj, Anda bisa menggunakan savow link untuk membantu membuang backlink kotor tersebut di webmasters.

10. Offpage SEO

Offpage SEO ini bisa Anda gunakan seperti iklan berbayar, atau iklan di TV. Saya melihat bahwa iklan di TV memberikan dampka yang sangat penting terhadap optimasi SEO. Hal ini karena pengunjungnya yang menjadi sangat banyak akan menjadikan blog tersebut reputasiya baik di mata search engine.

Sekian pembahasan dari saya. Semoga pembahasan 10 hal yang wajib dilakukan webmasters bisa bermanfaat buat agan agan sekalian untuk optimasi SEO dan terimakasih telah berkunjung....



EmoticonEmoticon